SOLOPOS.COM - Ilustrasi kemacetan di palang Joglo. (Solopos-dok)

Solopos.com, SOLO – Beroperasinya KA Bandara menimbulkan kemacetan parah di simpang tujuh Joglo, Kadipiro, Banjarsari, Solo. Antrean kendaraan yang hendak melintasi rel kereta api di Joglo mengular.

Berdasarkan pengalaman Solopos.com, Senin (30/12/2019), KA Bandara yang melintasi Simpang Joglo sekitar pukul 12.30 WIB menyebabkan kemacetan panjang di semua penjuru. Siang ini, saya yang hendak menuju ke Komplang dari arah Unisri terjebak kemacetan di palang Joglo sekitar 15 menit.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Sepeda motor yang saya kendarai terjebak di antara mobil dan truk yang ikut mengantre untuk melintasi rel KA Joglo sekitar 10 menit. Menyelip adalah satu-satunya cara bagi pengendara sepeda motor untuk terbebas dari kemacetan panjang di palang Joglo.

Tetapi, untuk menyelip pun butuh usaha keras. Sebab, semua kendaraan nyaris tak bisa bergerak maju atau mundur. Dari kejauhan saya melihat beberapa pengendara sepeda motor yang tidak sabar menunggu kemacetan terurai memilih memutar arah kendaraannya.

Kebanyakan dari mereka melaju ke jalan menuju ke Kampung Bonorejo, Kadipiro. Di sana terdapat jalur penyeberangan rel KA yang tidak dipalang dan bisa dilalui sepeda motor. Sementara sebagian lainnya berusaha mencari celah dan berebut untuk melintasi rel KA Joglo.

Saking macetnya, semua orang tampak panik. Apalagi jika mesin kendaraannya mati seperti salah satu pengendara vespa yang hendak melintasi rel KA Joglo. Mesin vespanya mati tepat ketika berada di tengah rel.

Semua pengendara berebut melintasi palang Joglo sebelum KA Bandara selanjutnya lewat. Sebab, KA Bandara itu melintasi palang Joglo setiap37 menit. Antrean kendaraan juga terlihat di sepanjang jalan menuju ke Pasar Nusukan dan dari depan SPBU Banyuagung hingga Palang Joglo.

Diberitakan Solopos.com sebelumnya, KA Bandara yang melayani rute Staiun Balapan ke Bandara Adi Soemarmo beroperasi 30 kali atau 15 trip pulang pergi. Artinya, perlintasan KA di simpang Joglo bakal ditutup setiap 37 menit sekali.

Kondisi ini jelas membuat simpang Joglo. Pasalnya, sebelum beroperasinya KA Bandara saja wilayah itu sudah macet. Berdasarkan pengalaman saya, kemacetan di palang Joglo memang seringkali terjadi. Antrean kendaraan dari arah Mojosongo ke palang Joglo seringkali tersendat di depan Laboratorium Agama MAN 1 Surakarta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya