SOLOPOS.COM - Edutorium UMS. (Dok Solopos)

Solopos.com, SOLO — Jutaan orang diperkirakan akan berdatangan ke Kota Solo untuk menghadiri Muktamar ke-48 Muhammadiyah dan Aisyiyah pada 18-20 November. Pemerintah Kota (Pemkot) Solo bakal menyiapkan sarana transportasi bagi para peserta dan tamu undangan.

Acara seremonial pembukaan muktamar digelar di Stadion Manahan Solo pada 18 November. Sedangkan kegiatan muktamar dipusatkan di Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Sidang tanwir Muhammadiyah diselenggarakan di Gedung Auditorium Mohammad Djasman kampus UMS. Sedangkan sidang tanwir Aisyiyah diselenggarakan di Gedung Induk Siti Walidah.

Pemerintah bakal menyiapkan sarana transportasi bagi peserta undangan Muktamar Muhammadiyah di Solo menuju lokasi sidang tanwir. Mereka menginap di sejumlah hotel yang tersebar di Kota Solo.

“Pokoknya tamunya banyak sekali. Ya nanti bakal disediakan sarana transportasi semacam shuttle bus. Layanan transportasi menuju sidang tanwir di kampus UMS,” kata Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, di Loji Gandrung, Senin (12/9/2022).

Baca Juga: Muktamar Muhammadiyah di Solo Dibuka Presiden Jokowi, Banyak Menteri Mau Hadir

Putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu menyampaikan jumlah peserta undangan pembukaan muktamar sekitar 20.000 orang. Mereka merupakan perwakilan pengurus Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) dan Pimpinan Wilayah Aisyiyah se-Indonesia.

Jumlah itu belum termasuk para penggembira yang jumlahnya berlipat ganda hingga jutaan orang. Mereka bakal berdatangan ke Kota Solo menjelang pelaksanaan Muktamar Muhammadiyah.

Penutupan Jl Adi Sucipto

“Bulan November, ada event nasional terkait keagaamaan di Solo. Ini berurutan antara event satu dengan lainnya. Ada peresmian miniatur Masjid Sheikh Zayed kemudian Muktamar Muhammadiyah dan Aisyiyah,” ujarnya.

Baca Juga: Lepas 11.000 Peserta Jalan Sehat Muhammadiyah Solo, Gibran: Luar Biasa!

Disinggung terkait rencana penutupan Jl Adi Sucipto saat pembukaan muktamar, Gibran mengungkapkan unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Solo, organisasi perangkat daerah (OPD), dan panitia muktamar bakal menggelar rapat koordinasi, Kamis (15/9/2022).

“Kemungkinan jadi [penutupan jalan]. Nanti, kami pastikan apakah ditutup atau tidak pada Kamis. Unsur Forkopimda Solo juga diundang. Aman, aman,” paparnya.

Sementara itu, Rektor UMS sekaligus Ketua Panitia Muktamar ke-48 Muhammadiyah, Sofyan Anif, menyampaikan Solo dikenal sebagai surga kuliner dan batik. Kedua hal itu merupakan potensi unggulan Kota Bengawan yang ditawarkan kepada masyarakat yang mengunjungi Solo.

Baca Juga: Wah! Sederet Musisi Papan Atas bakal Meriahkan Muktamar Muhammadiyah di Solo

Para peserta undangan maupun penggembira bakal berburu beragam kuliner khas Solo untuk disantap sendiri maupun dibawa pulang ke daerah asal sebagai oleh-oleh. Mereka juga bakal mendatangi toko atau gerai batik untuk berbelanja.

“Khusus batik menjadi konsep utama yang dipakai saat acara pembukaan muktamar. Jadi batik sebagai warisan budaya diangkat dalam kegiatan muktamar,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya