SOLOPOS.COM - Jusuf Kalla melaksanakan ibadah umrah, Minggu (25/10/2020). (istimewa)

Solopos.com, Jakarta -- Gempuran rudal Israel memorak-porandakan Palestina. Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI), M Jusuf Kalla (JK), menyerukan agar setengah penghasilan kotak amal masjid disumbangkan untuk warga Palestina.

Bantuan tersebut untuk membantu saudara musli di Palestina yang kehilangan tempat tinggal dan kebutuhan lainnya.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

"Jadi Pak JK lewat Dewan Masjid Indonesia menyerukan solidaritas Al-Qudus yang juga Gaza, yang mana warganya itu mengalami kehilangan tempat tinggal, kerusakan bangunan dan perlu uluran tanganlah," kata Sekjen DMI, Imam Addaruquthni, Sabtu (22/5/2021).

Baca Juga: JK Serukan 50% Hasil Kotak Amal Masjid untuk Palestina

Dia menjelaskan bahwa seruan ini muncul karena Al-Aqsa termasuk kiblat pertama umat Islam. Tempat tersebut termasuk tempat suci bagi umat Islam. "Al-Aqsa itu termasuk tempat suci umat Islam. Kiblat pertama umat Islam. Bagaimana pun itu tempat suci," ujarnya.

Setengah Kotak Amal

DMI membuat rekening khusus untuk solidaritas ini. Masjid diserukan untuk menyisihkan setengah penghasilan kotak amal untuk solidaritas ini sekali saja. Hasil sumbangan itu nantinya langsung disalurkan langsung oleh JK ke Palestina.

"DMI membuat rekening khusus solidaritas Al-Qudus dan juga Gaza itu. Resminya hanya sekali. Setengah dari kotak amal diserukan untuk solidaritas. Bukan terus menerus. Jadi nanti disalurkan sendiri oleh Pak JK ke Palestina. Bukan dititipkan sama yang nggak jelas," ungkapnya.

Baca Juga: Gencatan Senjata, Siapa Untung dalam Konflik Israel Palestina?

Dia berharap seruan solidaritas ini bisa meningkatkan penghasilan kotak amal masjid. Menurutnya, solidaritas ini tidak akan mengurangi isi kotak amal, tetapi justru akan meningkatkannya.

"Kalau ini diserukan, diharapkan ada peningkatan kotak amal ke depan ini. Jadi ini solidaritas seluruh masjid di Indonesia untuk Al-Aqsa sebenarnya. Diharapkan meningkat kotak amalnya untuk Al-Aqsa, jadi kehilangan separuh kotak amal ini tidak hilang juga karena ditingkatkan," tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya