top ear
Ilustrasi jus jeruk. (Freepik)
  • SOLOPOS.COM
    Ilustrasi jus jeruk. (Freepik)

Jus Jeruk, Solusi Sehat Mengatasi Sembelit

Tips kesehatan kali ini membahas khasiat jus jeruk mengatasi sembelit.
Diterbitkan Sabtu, 6/06/2020 - 15:30 WIB
oleh Solopos.com/Nia Kurniasih
2 menit baca

Solopos.com, SOLO – Jus jeruk dikenal sebagai minuman segudang nutrisi yang disukai banyak orang. Selain rasanya segar, jus jeruk juga menjadi solusi aman mengatasi sembelit.

Jus buah yang satu ini juga berkhasiat menyembuhkan berbagai penyakit, termasuk sembelit. Anda bisa mengatasi sembelit dengan gampang tanpa harus mengonsumsi obat.

Dilansir dari Detik.com, sembelit terjadi saat seseorang tidak dapat buang air besar karena terdapat kotoran keras di dalam usus. Sembelit bisa disebabkan dehidrasi, pola diet yang salah, terkena penyakit tertentu dan kurang mendapat asupan serat yang cukup.

Bagaimana jus jeruk bisa menjadi solusi mengatasi sembelit? Dikutip dari Boldsky, Kamis (4/6/2020), berikut khasiat jus jeruk untuk menyembuhkan sembelit:

Misteri Hilangnya Satpam Cantik di Sragen, Motor dan Sepatu Jadi Petunjuk

Mendorong pergerakan usus

Salah satu penyebab utama sembelit adalah kurangnya serat dalam makanan yang dikonsumsi. Buah jeruk membantu penuhi kebutuhan serat dalam tubuh.

Satu buah jeruk berukuran sedang atau sekitar 131 gram mengandung 3,1 gram serat yang dapat menambah asupan gizi. Kandungan serat utama pada jeruk adalah pektin, selulosa, hemiselulosa, dan lignin.

Saat membuat jus jeruk, usahakan tidak menyaring serat yang terkandung di dalam buah. Mengonsumsi jus jeruk dengan seratnya bisa merangsang saluran usus untuk mengeluarkan feses secara teratur.

Selain memperlancar pencernaan, serat dalam jus jeruk juga mampu mengontrol gula darah dan, dan menurunkan kolesterol.

Remaja 13 Tahun Asal Karanganom Klaten Sembuh dari Covid-19

Meningkatkan gerakan peristaltik

Jus jeruk kaya akan vitamin C dan kadar air yang dapat menetralisir bakteri di perut dan memecah zat sisa yang sulit keluar. Minum jus jeruk secara rutin dapat meningkatkan gerakan peristaltik di usus besar yang dapat memperlancar keluarnya feses.

Peristaltik adalah gerakan relaksasi dan kontraksi oto-otot di saluran pencernaan yang berfungsi meremas serta mendorong makanan menuju lambung. Gerakan peristaltik meliputi otot yang berada di kerongkongan, lambung, usus halus dan usus besar.

Wagub Taj Yasin: Santri Masuk Pondok di Jateng Wajib Karantina

Obat pencahar alami

Dikutip dari Wikipedia, pencahar atau disebut juga laksatif adalah makanan yang dikonsumsi untuk membantu mengatasi sembelit dengan membuat kotoran bergerak dengan mudah di usus. Hasil penelitian menunjukkan jus jeruk memiliki banyak vitamin C pelunak dan flavonoid atau naringenin yang mampu mengatasi sembelit.


Editor : Profile Chelin Indra Sushmita
LIKE di sini untuk lebih banyak informasi terbaru di Solopos.com

berita terkait

berita terpopuler

Iklan Baris

Properti Solo & Jogja

berita terkini