SOLOPOS.COM - Kondisi Jembatan Jurug B Solo yang akan dibongkar dan diganti strukturnya. Foto diambil Selasa (20/9/2022). (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLOJembatan Jurug B Solo menjadi salah satu dari 37 jembatan dengan tipe Callendar Hamilton (CH) di Pulau Jawa yang akan diubah secara konstruksi. Dengan umur konstruksi 50 tahun, Jembatan bertipe CH sudah waktunya diganti dengan struktur baru.

Namun, tidak mudah untuk mengerjakan Jembatan Jurug B. Tantangan berupa arus Sungai Bengawan Solo dan kepadatan lalu lintas bisa menjadi penghambat.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Tantangan lainnya yakni Jembatan Jurug B merupakan jembatan dengan tipe CH terpanjang di Jawa Tengah. Hal ini diungkapkan oleh General Manager Konstruksi PT Baja Titian Utama, Bambang Nurhadi, saat doa bersama di Jembatan Jurug B, Kamis (22/9/022).

Ia menyebut Jembatan Jurug B Solo adalah jembatan dengan tipe Callender Hamilton terpanjang di Jawa Tengah dengan bentang 155 meter. “Dari 37 jembatan CH yang ada, Jembatan Jurug B jadi yang terpanjang, bersaing dengan yang ada di atas Sungai Brantas,” jelasnya.

Berdasarkan penelusuran Solopos.com berdasarkan rilis Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Total ada sembilan jembatan bertipe CH di Porvinsi Jawa Tengah. Dari data tersebut, Jembatan Jurug B memiliki bentang terpanjang yakni 155 meter.

Baca Juga: Diganti, Jurug B Solo Ternyata Jembatan Callender Hamilton Terpanjang di Jateng

Kemudian di peringkat kedua jembatan CH terpanjang di Jawa Tengah yakni Jembatan Pemali B di Brebes, yang memiliki panjang 100,4 meter. Setelah Jembatan Pemali, Brebes, ada Jembatan Tajum II Margasana, di Kabupaten Banyumas dengan panjang 96 meter.

Bergeser ke selatan ada Jembatan Karang Bawang di Ajibarang, Banyumas, dengan panjang 80 meter. Setelahnya ada Jembatan Wonokerto II A di Kecamatan Karangtengah, Kabupaten Demak, dengan panjang 75 meter.

Jembatan Callender Hamilton Terpendek

Jembatan bertipe Callender Hamilton di Demak ini mirip dengan Jembatan Jurug B Solo. Jembatan Wonokerto juga menjadi jembatan dengan kepadatan pengguna jalan yang cukup tinggi di jalur Pantura.

Baca Juga: Diganti Struktur Box Girder, Jembatan Jurug B Solo Diklaim Bisa Tahan 100 Tahun

Kemudian ada Jembatan Kali Pang IA dengan panjang jembatan 49 meter. Jembatan ini menghubungkan antara Kabupaten Rembang dan Kabupaten Kudus.

Setelahnya ada Jembatan Juana I dengan panjang jembatan sama dengan Jembatan Kali Pang IA, namun memiliki arus kendaraan lebih padat. Dua jembatan bertipe CH yang terpendek adalah Jembatan Pedes B  di perbatasan Kabupaten Tegal dan Kabupaten Banyumas dengan panjang 32 meter.

Terakhir, Jembatan Kalibanger A dengan panjang hanya 23 meter. Jembatan ini terletak di Kaligawe, Semarang, Jawa Tengah. Berikut data urutan jembatan CH terpanjang di Jawa Tengah:

Baca Juga: Fase Krusial, Pembongkaran Jembatan Jurug B Solo Gunakan 4 Jenis Alat Berat

1. Jembatan Jurug B Solo: 155 meter
2. Jembatan Pemali B di Brebes: 100,4 meter
3. Jembatan Tajum II Margasana di Banyumas: 96 meter.
4. Jembatan Karang Bawang di Ajibarang, Banyumas: 80 meter
5. Jembatan Wonokerto II A di Karangtengah, Demak: 75 meter
6. Jembatan Kali Pang IA penghubung Rembang-Kudus: 49 meter
7. Jembatan Juana I: 49 meter
8. Jembatan Pedes B  di perbatasan Tegal-Banyumas: 32 meter
9. Jembatan Kalibanger A di Kaligawe, Semarang: 23 meter

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya