SOLOPOS.COM - Latihan Timnas Indonesia di Dubai, Uni Emirat Arab, Rabu (26/5/2021). (Dok/PSSI)

Solopos.com, JAKARTA - Timnas Indonesia menjadi tim pertama yang dipastikan bakal melakoni playoff Piala Asia 2023 lantaran status juru kunci fase grup Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Saat ini Timnas Indonesia menempati peringkat kelima klasemen Kualifikasi Piala Dunia Grup G dengan hanya meraih satu poin. Hasil imbang 2-2 kontra Thailand pada 3 Juni lalu membuat Evan Dimas Cs sudah tak mungkin beranjak dari posisi buncit.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Adapun poin maksimal yang bisa diraih Timnas Indonesia adalah 7 poin andai menyapu bersih dua laga tersisa. Di sisi lain, tim peringkat ke-2 hingga ke-4 Grup G sudah meraih 9 poin.

Selamat Bang Atta Punya Klub Baru...

Artinya Timnas Indonesia tidak akan beranjak naik peringkat sampai akhir kualifikasi nanti. Alhasil Timnas Indonesia harus melakoni babak playoff jika mau lolos ke Piala Asia 2023.

Playoff Piala Asia nantinya berisi empat tim peringkat empat terburuk dan 8 tim peringkat kelima fase grup (juru kunci Grup A-H) dari babak Kualifikasi Piala Dunia. Di playoff, setiap tim akan bermain dua leg dengan menghadapi 1 tim playoff lainnya.

Siapa yang menang dari dua leg playoff akan melaju ke babak ketiga Kualifikasi Piala Asia. Di babak ini nantinya akan ada 24 tim yang dibagi ke enam grup untuk memperebutkan 12 tiket ke Piala Asia.

Susul Raffi Ahmad, Atta Halilintar Umumkan Klub Sepak Bola AHHA PS Pati FC

 

India Jadi Contoh

Timnas Indonesia tak perlu berkecil hati meski harus menjalani kualifikasi Piala Asia dari jalur playoff. Meski perjalanannya masih panjang, kesempatan untuk lolos ke babak utama Piala Asia masih terbuka.

India adalah contoh terkini yang mampu melewati semua tantangan dari babak playoff untuk tampil di Piala Asia 2019. India ke playoff lantaran menjadi juru kunci Grup D Kualifikasi Piala Dunia 2018.

Di babak playoff, India menang meyakinkan berkat kemenangan agregat 7-1 atas Laos dalam laga dua leg. Saat itu, Fulganco Cardozo Cs menang 1-0 di kandang Laos dan menang 6-1 kala gantian menggelar laga kandang.

Matthijs de Ligt Cedera, Duka Belanda Jelang Euro 2020

Lolos dari playoff, India pun melaju ke babak ketiga Kualifikasi Piala Asia. Mereka tergabung di Grup A babak itu bersama Kirgizstan, Myanmar, dan Macau.

Hasilnya fantastis, mereka melaju ke babak utama Piala Asia setelah menjadi juara grup dengan raihan 13 poin. Kirgistan yang menjadi runner-up (13 poin juga, kalah head-to-head) juga mengikuti jejak India.

Sebagai informasi, ada 12 tiket yang tersedia untuk para tim yang bertanding di babak ketiga Kualifikasi Piala Asia. Sebanyak 24 tim akan memperebutkan 12 tiket dengan berlomba-lomba menjadi juara grup atau runner-up babak ketiga Kualifikasi Piala Asia.

Istimewa, Stadion Wembley Gelar Laga Terbanyak dan Final Euro 2020

Sementara jumlah peserta Piala Asia adalah 24 tim. 12 tim dari kualifikasi babak ketiga, 8 tim dari juara grup Kualifikasi Piala Dunia (Grup A-H), dan empat tim runner-up terbaik Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya