SOLOPOS.COM - Ilustrasi pergerakan saham. (Nurul Hidayat/JIBI/Bisnis)

Solopos.com, JAKARTA – Bursa Efek Indonesia (BEI) menilai penurunan tingkat suku bunga ikut mendorong pertumbuhan jumlah investor di pasar modal.

Direktur Pengembangan Bursa Efek Indonesia (BEI) Hasan Fawzi mengatakan tren penurunan tingkat suku bunga mendorong jumlah investor di pasar modal dalam berbagai instrument. Salah satunya adalah reksa dana yang tumbuh 62,86 persen sampai Juli 2021.

Promosi Telkom Apresiasi Wahyu, Warrior Telkom Akses yang Viral karena Bantu Petani

“Pembatasan selama masa pandemi covid-19, [membuat] investor baru dari kalangan masyarakat dan pelaku usaha mulai mengalihkan aktifitasnya dan berinvestasi di pasar modal,” katanya kepada Bisnis.com pada Rabu (25/4/2021).

Baca Juga: UBS dan Antam Kompak Naik, Cek Harga Emas Pegadaian Hari Ini, Rabu 25 Januari 2021

Masyarakat, lanjutnya, telah mengadaptasi kebiasaan baru dan solusi digital dalam kegiatan investasi. Sehingga ikut menumbuhkan jumlah investor dalam beragam instrumen

Di sisi lain, fenomena investor usia muda seperti milenial dan gen-z telah menunjukan kesadaran berinvestasi dengan menjadi investor sejak usia muda. Menurutnyta mereka telag jadi segmen investor yang tumbuh paling tinggi.

Dalam catatan BEI, investor kurang dari usia 30 tahun telah tumbuh 58,58 persen dengan total aset mencapai Rp37,11 triliun.

“Tren pertumbuhan pesat ini sebetulnya telah mulai kita alami dalam 3 tahun terakhir ini ya. Sejak 2018, tercatat rekor pertumbuhan investor dan tren peningkatan dari tahun ke tahun,” imbuhnya.

Baca Juga: Menko Airlangga: 4 Juta UMKM dan PKL Jadi Peserta Baru Penerima Bantuan Presiden, Masing-Masing Rp1 Juta

Sesuai Rencana Finansial

Hasan meyakini pertumbuhan investor ditunjang oleh peningkatan kesadaran dan kebutuhan masyarakat untuk memulai berinvestasi. Mereka cenderung memilih instrumen yang sesuai dengan rencana dan tujuan finansialnya.

“Tentunya ini juga merupakan hasil kerja keras dan kerja bersama kita semua stakeholders di pasar modal dan media, dalam melakukan terus sosialiasi-edukasi-literasi dan inklusi di pasar modal kita,” katanya.

Hasan mengatakan bakal terus mendorong ogram edukasi dan inklusi dengan memanfaatkan solusi digital dan teknologi. Hal ini dilakukan untuk terus mendongkrak pertumbuhan jumlah investor.

Selain itu, mendirikan galeri BEI, membina dan bekerja sama dengan komunitas investor dan para influencers. Pihaknya juga berupaya menguatkan peran dari anggota bursa, manajer investasi, lembaga dan profesi di pasar modal.

“Saya menyebut strategi di tahun ini sebagai strategi ‘sinergi dan kolaborasi’ dengan semua stakeholders di pasar modal dan lembaga untuk mendorong pertumbuhan jumlah maupun kualitas dari investor kita,” katanya.

Dia berharap pertumbuhan jumlah investor ditopang oleh peningkatan pemahaman dan kualitas investor.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya