[x] close
Jumlah Gelandangan di Karanganyar Selama Ramadan Dipantau
Solopos.com|soloraya

Jumlah Gelandangan di Karanganyar Selama Ramadan Dipantau

Satpol PP memantau ketat potensi peningkatan jumlah PGOT di Karanganyar selama Ramadan.

Solopos.com, KARANGANYAR -- Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Karanganyar memantau potensi meningkatnya jumlah pengemis, gelandangan, dan orang terlantar (PGOT) selama bulan Ramadan. Beberapa lokasi di Karanganyar saat ini jadi pusat perhatian antisipasi munculnya PGOT baru.

Kepala Satpol PP Karanganyar, Yophy Eko Jatiwibowo, mengatakan momen Ramadan biasanya dimanfaatkan PGOT baru untuk mengeruk pundi-pundi uang. Sehingga, pihaknya mengantisipasi peningkatan jumlah PGOT dengan memantau beberapa lokasi. Namun, hingga saat ini terpantau situasi terkait kemunculan PGOT terhitung landai.

“Kami memantau, tapi sampai saat ini landai kondisinya. Tidak ada penambahan yang banyak sampai signifikan karena dalam momen Ramadan,” jelas dia kepada Solopos.com Rabu (21/4/2021).

Baca juga: Pemudik ke Solo Bakal Dijemput Satgas Jaga Tangga Lalu Karantina

Beberapa lokasi yang menjadi perhatian menurut Yophy antara lain di kawasan lampu merah DAMRI Palur, lampu merah Sroyo, flyover, kawasan lampu merah 413, kawasan lampu merah Kebakkrailustrasi gelandanganmat, dan di pasar-pasar tradisional.

Menurutnya lokasi-lokasi tersebut paling rawan digunakan PGOT untuk meminta-minta uang ke masyarakat menggunakan berbagai alasan.

“Pemantauan kami fokuskan di lokasi-lokasi tersebut karena memang kami nilai paling rawan dimanfaatkan PGOT,” imbuh dia.

Baca juga: WGM Wonogiri Dirombak Mirip Guatape: Ada Bianglala - Infinity Pool

Terpisah, Kabid Pemberdayaan dan Pembinaan Sosial (PPS) Dinas Sosial (Dinsos) Karanganyar, Gunarto, juga mengatakan hal serupa terkait jumlah PGOT di Karanganyar.

Menurutnya, Dinsos belum menerima laporan adanya peningkatan jumlah PGOT selama sepekan Ramadan 2021. Namun, Gunarto mengakui momen Ramadan kerap dimanfaatkan pengemis untuk mencari uang.

“Kalau berdasarkan laporan untuk saat ini belum ada penambahan. Kondisinya masih landai kalau di Karanganyar. Penindakan PGOT kami lakukan berdasarkan laporan saja. Tapi kalau sampai yang meresahkan, saat momen bulan puasa ini belum ada,” terang dia.

 



Berita Terkait
Indeks Berita
Promo & Events
Terpopuler

Espos Premium
Berita Terkini
Indeks

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago