SOLOPOS.COM - Pengageng Wedhana Satria Pura Mangkunegaran Solo, KRMT Lilik Priarso, didampingi Raden Tumenggung, Supriyanto Waluya, KPH Cuk Susilo, dan RMH Haryo Dananjoyo AB, membacakan wara-wara di Pura Mangkunegaran, Solo, Selasa (1/3/2022). (Solopos/Kurniawan)

Solopos.com, SOLO — Pura Mangkunegaran Solo sudah mulai menyebarkan undangan untuk para tamu acara jumenengan GPH Bhre Cakrahutomo Wirasudjiwo sebagai KGPAA Mangkunagoro X yang akan digelar pada Sabtu (12/3/2022).

Salah satu tamu yang diundang adalah Raja Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat Paku Buwono (PB) XIII. Bhre bahkan mengantarkan sendiri undangan untuk PB XIII ke Keraton Solo, Senin (7/3/2022) sekitar pukul 14.45 WIB.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Menurut Pengageng Wedhana Satria Pura Mangkunegaran, KRMT Lilik Priarso, penyampaian undangan untuk PB XIII oleh Bhre itu sebagai bentuk penghormatan dalam tata krama Jawa. Sebab undangan itu ditujukan kepada seorang penguasa keraton SISKS PB XIII.

Baca Juga: Undang PB XIII, Bhre Antar Sendiri Undangan Jumenengan ke Keraton Solo

Sedangkan untuk undangan lainnya pada acara jumenengan Bhre sebagai Mangkunagoro X itu dikirimkan oleh kurir, termasuk undangan untuk Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka dan Bos Persis Solo Kaesang Pangarep. Menurut Lilik, undangan untuk Gibran sudah diantarkan.

“Kalau yang diantar Gusti Bhre kan tadi karena tingkatannya Sinuhun, ya diterke Putra Dalem langsung. Karena itu saja, tingkatan itu saja. Undangan yang lain-lain dikirimkan lewat kurir. [Undangan untuk Gibran] Sudah,” tuturnya.

Disinggung penyampaian undangan kepada Gibran dan Kaesang, Lilik membenarkan yang mengantar adalah kurir. “Oh ya utusan dari sini, kurir, bukan Gusti Bhre langsung. Ini kan muk [hanya] masalah tata krama Jawa kan, istilahnya. Sopan santun Jawa,” terangnya.

Baca Juga: Dukung Persis Solo, Bhre Cakrahutomo Ternyata Teman Kaesang Pangarep

Penerus Kepemimpinan

Sementara untuk teknis peliputan Jumenengan Bhre sebagai KGPAA Mangkunagoro X, Lilik mengatakan awak media bisa mulai mendaftarkan diri di Kantor Sekretariat Pura Mangkunegaran. Di situ sudah ada petugas yang akan mengatur teknis liputan.

“Peliputan bisa datang ke Kantor Sekretariat, nanti di situ [dijelaskan] syarat-syaratnya, mulai dari pakai ID Card dan sebagainya, minta izin ya,” katanya.

Seperti diketahui, jumenengan Bhre Cakrahutomo sebagai KGPAA Mangkunagoro X akan dilangsungkan pada Sabtu (12/3/2022). Sebelumnya, Pura Mangkunegaran telah mengumumkan Bhre sebagai penerus kepemimpinan ayahnya, Mangkunagoro IX, pada Selasa (1/3/2022) sekitar pukul 10.40 WIB.

Baca Juga: Gibran Ngaku Sudah Tahu Bhre akan Jadi MN X Sejak Sebelum Pengumuman

Pengumuman tersebut disampaikan Pengageng Wedhana Satria Pura Mangkunegaran, KRMT Lilik Priarso, didampingi Raden Tumenggung Supriyanto Waluya serta KPH Cuk Susilo dan RMH Haryo Dananjoyo AB.

Lilik membacakan wara-wara yang ditulis menggunakan bahasa Jawa halus atas nama GRAy Retno Rosati Notohadiningrat dan GRAy Retno Satuti Suryohadiningrat. Sementara itu, Gibran yang diwawancarai belum lama ini mengaku sudah tahu Bhre yang akan menjadi Mangkunagoro X.

Gibran mengaku sudah dihubungi Bhre sebelum Pura Mangkunegaran menyampaikan pengumuman pada Senin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya