SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta–PT PLN (Persero) targetkan menuntaskan masalah pemadaman listrik secara bergilir (byar pet) per  akhir Juni 2010. Komitmen ini juga sejalan akan naiknya tarif dasar listrik (TDL) pada Juli 2010 nanti.

“PLN sudah konsisten hilangkan byar pet pada 30 Juni,” tegas Menko Perekonomian, Hatta Rajasa saat bincang dengan wartawan di Kantornya, Jalan Lapangan Banteng, Jakarta, Jumat (21/5/2010).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Untuk mencapai target tersebut, lanjut Hatta, kenaikan TDL merupakan hal yang tidak bisa dihindari. Pasalnya PLN  kemungkinan mengalami kekurangan suplai untuk penyiapan daya listrik.

“Semula di APBN TDL naik 15%, di APBN-P turun menjadi 10%,” katanya.

Selain itu Hatta menyatakan pemerintah sedang mempersiapkan enam skenario mengenai kenaikan TDL yang saat ini masih dibahas oleh PT PLN dan Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM).

“TDL saya tidak akan masuk dalam 6 skenario itu karena dibahas pada level ESDM dan PLN,” jelasnya.

Menurut Hatta, pihaknya hanya mengingatkan agar pemilihan skenario kenaikan TDL benar-benar dipertimbangkan secara masak dan menghasilkan keputusan pelanggan mana saja yang harus dikenakan kenaikan harga TDL.

“Enam skenario dan itu harus dikembangkan sebaik mungkin. Intinya menjaga APBN dan subsidi tidak membengkak, pertahankan defisit pada 2,4% dan harus dianalisis betul dari keputusan itu mana saja yang perlu dinaikkan,” ujarnya.

inilah/isw

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya