SOLOPOS.COM - Juru Bicara Istana Kepresidenan Fadjroel Rahman di Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (21/10/2019). (Bisnis-Amanda Kusumawardhani)

Solopos.com, JAKARTA — Juru Bicara Presiden Fadjroel Rachman menegaskan Presiden Joko Widodo setia dan memegang teguh ideologi Pancasila dan konstitusi, UUD 1945. Fadjroel Rachman memastikan Presiden Jokowi mencukupkan dua periode masa jabatan presiden dan tidak mengincar tiga periode masa jabatan kepada negara.

Melalui keterangan tertulis, Fadjroel menyebutkan bahwa Jokowi melaksanakan sepenuhnya jabatan yang telah ditetapkan mulai 2014-2019 dan dilanjutkan peridoe kedua 2019-2024. “Presiden Jokowi tegak lurus ideologi Pancasila dan Konstitusi UUD 1945, khususnya masa jabatan Presiden dua periode,” katanya, Senin (15/3/2021).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Baca Juga: 4 Zodiak Ini Kata Astrologi Sulit Percayai Orang Lain

Dia menyebutkan pada Pasal 7 UUD 1945 dijelaskan bahwa presiden dan wakil presiden memegang jabatan selama lima tahun dan sesudahnya dapat dipilih kembali dalam jabatan yang sama hanya untuk satu kali masa jabatan.

Presiden Jokowi, masih menurut Fadjroel, setia dan patuh pada sumpah jabatan dengan memegang teguh undang-undang dasar. Hal ini dinilai menjadi tolok ukur bahwa Jokowi tidak akan mengincar masa jabatan selama tiga periode sebagamana diusulkan sebagian partai politik.

Tak Punya Niat

Presiden Jokowi menegaskan tidak akan mengubah sikapnya terkait periode presiden, yakni tetap berpegang pada Undang-Undang Dasar 1945 yang menyebut masa jabatan presiden hanya selama dua periode.

Dia memastikan bahwa tidak memiliki niat sedikitpun untuk menjadi presiden tiga periode. Presiden juga meminta berbagai pihak untuk menghentikan kegaduhan yang tidak perlu. “Saya tegaskan saya tidak ada niat tidak ada juga berminat menjadi presiden tiga periode. Konstitusi mengamanahkan dua periode. Itu yang harus kita jaga bersama-sama,” terangnya.

KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Solopos

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya