SOLOPOS.COM - Joan Mir (Reuters/Sergio Perez)

Solopos.com, JAKARTA – Pebalap tim Suzuki Ecstar MotoGp, Joan Mir mengkritik keras MotoGP Mandalika 2022. Lintasan Sirkuit Mandalika pada tes pramusim MotoGP selama dua hari kemarin dia nilai belum layak.

Mantan juara dunia MotoGP 2020 ini menilai jika Mandalika masih memiliki kekurangan dalam lintasannya dan dapat membahayakan para pebalap.

Promosi Kanker Bukan (Selalu) Lonceng Kematian

“Jelas, untuk menjadi tuan rumah MotoGP, mereka [Mandalika] pasti harus memperbaiki kondisi trek, tidak hanya dari segi keselamatan tetapi juga karena kondisinya saat ini hanya ada satu jalur untuk balapan. Segera setelah Anda keluar darinya (lintasan balap), Anda harus melepaskan rem atau Anda berisiko jatuh. Dalam kondisi seperti ini tidak mungkin menyalip di balapan, tidak siap balapan,” ujar Joan Mir dilansir Bisnis dari laman Motosan, Minggu (13/2/22).

Baca Juga: Pembalap Repsol Honda Pol Espargaro Tercepat Hari Pertama Tes MotoGP

Komentar Mir ini bukan tanpa alasan, sebab dirinya mengalami kecelakaan pada sesi tes pramusim hari kedua kemarin, Sabtu (12/2/2022), sehingga membuat dirinya harus mencari ritme balap sampai sesi keempat berlangsung.

Selain itu, rekan setim Alex Rins ini mengatakan jika suhu tinggi yang berada di Mandalika menjadi salah satu penyebab dirinya mengalami kecelakaan.

“Pastinya suhu tinggi memainkan peran penting dalam kecelakaan saya. Saya mencoba mendorong motor hingga batasnya dan saya kehilangan bagian depan,” ujarnya.

Baca Juga: Tes Pramusim, Pembalap MotoGP Mulai Jajal Sirkuit Mandalika

Namun, pascakejadian kecelakaan dirinya pada hari kedua pre-test, Joan Mir berhasil mencatatakan waktu tercepat kelima denga nperolehan waktu 1:31.586 dan berbeda + 0.297 dari Luca Marini yang menjadi tercepat di pre-test hari kedua kemarin.

Nasib naas justru dialami oleh rekan setim dirinya, Alex Rins. Pebalap asal Spanyol ini harus puas berada di posisi ke-13 dengan perolehan waktu 1:31,884. Padahal, Rins berada di posisi ketiga pada sesi kedua pre-test hari kedua.

Diketahui, Pertamina Mandalika International Street Circuit menjadi tempat pre-test bagi para pembalap Moto GP musim ini. Tercatat, pre-test ini dilaksanakan sejak 11 Februari 2022 hingga Minggu (13/2/2022) ini.

Sebelumnya, tes pramusim dilakukan di Sirkuit Sepang Malaysia pada awal Februari kemarin. Dipilihnya Mandalika sebagai tempat tes pramusim karena Mandalika akan menjadi tempat berlangsungnya balapan pada minggu kedua dalam kalender MotoGP 2022.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya