Juara Lomba Krenova 2022 akan Diseleksi Lagi untuk Mendapat Pendanaan

Sebanyak tujuh inventor terpilih menjadi pemenang Lomba Kreativitas dan Inovasi (Krenova) 2022 kategori masyarakat umum.
SHARE
Juara Lomba Krenova 2022 akan Diseleksi Lagi untuk Mendapat Pendanaan
SOLOPOS.COM - Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka (tengah), meninjau hasil karya peserta saat Lomba Kreativitas dan Inovasi (Krenova) 2022 Subosukowonosraten di gedung Solo Trade Center Solo Technopark, Solo, Rabu (5/10/2022). (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO — Sebanyak tujuh inventor terpilih menjadi pemenang Lomba Kreativitas dan Inovasi (Krenova) 2022 kategori masyarakat umum. Mereka terpilih setelah melewati proses penjurian dan beradu kreasi bersama 20 inventor lain dari Soloraya.

Mereka merupakan perwakilan kabupaten/kota dari Soloraya atau Subosukawonosraten meliputi Solo, Boyolali, Sukoharjo, Wonogiri, Sragen dan Klaten.

PromosiAngkringan Omah Semar Solo: Spot Nongkrong Unik Punya Menu Wedang Jokowi

Selain membawa hasil kreasi dan inovasi di Solo Trade Center Solo Technopark, Solo, Rabu (5/10/2022) lalu, para peserta juga mempresentasikan produk inovasi mereka di depan juri.

Ada pun juri terdiri dari akademisi, teknisi, dan tokoh masyarakat. Ada tujuh juri, yakni akademisi Universitas Setia Budi Solo Andang Arif Wibawa, Guru SMK N 1 Boyolali Basirun,  akademisi Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) Sartono Putro dan Wijianto, akademisi Universitas Sebelas Maret (UNS) Endang Yuniastuti, tokoh penggiat budaya Kabupaten Klaten Aye Kusbandono, serta Dewan Pendidikan Daerah Karanganyar yang diwakili oleh Hartono.

Baca Juga: Inovasi Baru dari Sragen, Pasta Kapur Pengganti Malam Batik

Ketua Balitbangda Kota Solo, Agung Riyadi menyampaikan nama-nama pemenang Lomba Krenova 2022 kategori umum se-Subosukawonosraten. Ketujuh pemenang adalah Supriyanto asal Karanganyar dengan temuan tungku ventury sebagai juara I. Anik Purwanti asal Sragen dengan temuan jamur crispy dengan teknologi hibrid sebagai juara II. Saryadi, Giyana, Sumadi asal Sukoharjo dengan temuan pengembangan Desa Wisata Ngrombo Kecamatan Baki dengan memadukan potensi daerah Taman Tanggul Jebol (T2J) dan Kampung Gitar sebagai juara III.

Aris Joko Saraswo asal Solo dengan temuan aplikasi video untuk laporan kondisi lingkungan wilayah saat ronda sebagai juara harapan I. Arif Joko Sukatmo dan Kunto Agus Mardono asal Boyolali dengan temuan “Kelas Online” platform digital untuk pembelajaran jarak jauh di sekolah pada masa pandemi Covid-19 sebagai juara harapan II.

Musfiq Amrullah dan Lathifah Safinatun Najaah asal Wonogiri dengan temuan Abba Braille alat bantu belajar dan membaca braille sebagai juara favorit I. Serta Titik Nur Aini asal Klaten dengan temuan MOL atau massive online learning sebagai juara favorit II.

Baca Juga: Puluhan Inventor dari Subosukowonosraten Pamerkan Produk di Lomba Krenova 2022

Seperti yang disampaikan sebelumnya, Pemkot Solo akan mendampingi para pemenang terpilih dan menghilirisasi hasil produk. Agung mengatakan, akan ada pendanaan peralatan sebesar Rp5 juta bagi pemenang terpilih. Ketujuh pemenang akan mengikuti tahapan verifikasi kelayakan hilirisasi.

“Masih ada tahapan lagi untuk diverifikasi kelayakan hilirisasi. Anggaran 2022 hanya empat [inventor],” kata Agung saat dihubungi Solopos, Kamis (6/10/2022).

Pemenang Lomba Krenova 2022 kategori masyarakat umum juga mendapat uang pembinaan dan piagam. Juara I mendapat Rp5,5 juta, juara II mendapat Rp4,5 juta, juara III mendapat Rp4 juta hingga juara favorit II mendapat Rp1,5 juta.

Agung menambahkan inovasi-inovasi dari masing-masing kabupaten/kota diharapkan mampu menambah daya saing daerah. Hal itu senada dengan tema Lomba Krenova 2022 yakni Penguatan Kreativitas dan Inovasi Melalui Sistem Kewilayahan Subosukawonosraten guna Peningkatan Perekonomian Daerah.

“Pada intinya inovasi daerah yang dilakukan Pemkot Solo ini untuk meningkatkan daya saing daerah,” ujarnya.



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
      Promo & Events
      Berita Terkini
      Indeks Berita
      Part of Solopos.com
      Punya akun? Silahkan login
      Daftar sekarang...
      Support - FaQ
      Privacy Policy
      Tentang Kami
      Kontak Kami
      Night Mode