SOLOPOS.COM - Pembalap Indonesia, Veda Ega Pramata (7), menjalani Race 1 kejuaraan Idemitsu Asia Talent Cup 2022 di Sirkuit Internasional Chang, Buriram, Thailand, Sabtu (1/10/2022). (Antara/HO-Asia Talent Cup)

Solopos.com, JAKARTA – Kejuaraan Idemitsu Asia Talent Cup 2022 tiba di Sirkuit Pertamina Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat pada akhir pekan ini sebagai seri penutup musim 2022 sekaligus penentuan gelar juara.

Ajang balap rider junior itu akan digelar berbarengan dengan seri balap World Superbike yang juga berpeluang memunculkan juara baru saat Alvaro Bautista (Ducati) mengantongi match point atas juara bertahan Toprak Razgatlioglu (Yamaha) dan Jonathan Rea (Kawasaki).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Di paddock Idemitsu Asia Talent Cup 2022, tiga pembalap teratas dipisahkan 35 poin dan secara matematis masih berpeluang untuk merebut gelar juara dunia. Merebut empat kemenangan, Hakim Danish (Malaysia) memimpin klasemen dengan 151 poin, diikuti Shinya Ezawa (Jepang) dengan 148 poin dan Gun Mie (Jepang) dengan 116 poin, demikian catatan resmi IATC.

Dalam kunjungannya ke Mandalika pada balapan seri kedua awal tahun ini, Danish menyapu bersih kemenangan dalam dua balapan di trek Lombok tersebut saat Ezawa dua kali finis podium dan Mie sekali finis runner-up.

Sementara itu, pembalap Idemitsu Asia Talent Cup asal Indonesia Veda Ega Pratama akan tampil di depan pendukung tuan rumah untuk kali pertama setelah melewatkan balapan di Mandalika pada Maret 2022 karena cedera. Meraih satu kemenangan di Thailand dan tiga finis podium, Veda menjadi pembalap Indonesia terdepan dan menghuni peringkat keempat klasemen dengan koleksi 91 poin, jumlah yang sama diraih oleh Hamad Al-Sahouti dari Qatar di peringkat lima.

Baca Juga: Menyambut MotoGP Indonesia, Ini Saran Dorna kepada Pengelola Sirkuit Mandalika

Carter Thompson asal Australia juga menunjukkan kecepatan yang tak bisa diremehkan di ajang Idemitsu Asia Talent Cup 2022, sedangkan pembalap Indonesia, Reykat Fadillah, pernah naik podium di Mandalika ketika finis P3 pada Race 1.

Race 1 Idemitsu Asia Talent Cup 2022 di Mandalika dijadwalkan berlangsung Sabtu (12/11/2022) pukul 15.00 WIT sebelum Race 2 pada hari berikutnya pada jam yang sama.

Sementara itu, empat pembalap muda Indonesia akan menjadi bagian grid kejuaraan balap motor Idemitsu Asia Talent Cup musim depan menyusul hasil seleksi di Sirkuit Sepang, Malaysia, bulan lalu.

Baca Juga: Jelang Balapan WSBK 2022, Begini Kesibukan Tim Balap di Sirkuit Mandalika

Tiga wakil Indonesia meliputi Hafizd Fahril Rasyadan, Jorge Raphael Gading dan Cheessy Meilandri terpilih bergabung di grid permanen Idemitsu Asia Talent Cup 2023, sedangkan kompatriot mereka Decksa Almer Alfarezel menjadi salah satu dari jajaran pembalap cadangan kejuaraan yang dibentuk Dorna Sports sebagai jembatan bagi pembalap muda Asia dan Oseania menuju MotoGP itu.

Mereka menjadi yang terbaik dari 17 pembalap Indonesia yang terpilih mengikuti seleksi Idemitsu Asia Talent Cup di Malaysia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya