Juara Euro 2020, Italia Gagalkan Skenario Inggris Football is Coming Home

Hasil ini membuat Inggris gagal merasakan gelar juara Piala Eropa setelah prestasi terbaik menjadi semifinalis pada Euro 1996.
Juara Euro 2020, Italia Gagalkan Skenario Inggris Football is Coming Home

Solopos.com, LONDON – Tim Nasional (Timnas) Italia menggagalkan skenario football is coming home, yaitu ambisi Inggris mengembalikan sepak bola ke tanah kelahirannya dengan menjadi juara Euro 2020. Bermain di kandang lawan Stadion Wembley, London, Gli Azzurri  mengalahkan Inggris  lewat duel adu penalti 1-1 (3-2), Senin (12/7/2021) dini hari WIB.

Italia pun mengakhiri penantian panjang selama 53 tahun untuk menjadi juara Euro. Kali terakhir Italia menjadi yang terbaik di Benua Biru adalah pada 1968 silam saat menjadi tuan rumah. Pada partai final di Stadion Olimpico, Gli Azzurri mengalahkan Yugoslavia 2-0.

Hasil ini membuat Inggris gagal merasakan gelar juara Piala Eropa. Prestasi terbaik Inggris di kancah Eropa adalah menjadi semifinalis saat menjadi tuan rumah pada Euro 1996.

Baca Juga: Atasi Inggris Lewat Adu Penalti 3-2, Italia Juara Euro 2020

Inggris unggul lebih dulu lewat gol Luke Shaw ketika pertandingan baru berlangsung dua menit.  Gol itu berawal dari Kieran Tripper yang memberikan umpan kepada Shaw yang berada di sisi kanan pertahanan Inggris.

Bola langsung dilepaskan pemain Manchester United itu dengan melewati sisi sempit dari tiang dekat Gianluigi Donnarumma. Tendangan first time Shaw itu menjadi gol tercepat dalam sejarah final Piala Eropa.

Italia menyamakan kedudukan melalui Leonardo Bonucci pada menit ke-67.  Gol penyeimbang kedudukan berawal dari sepak pojok yang membuat kemelut di depan gawang Inggris. Sundulan bertenaga Marco Verratti mengenai tiang gawang dan bola rebound dengan cepat disambar oleh Bonucci.

Baca Juga: Akhiri Penantian 28 Tahun, Timnas Argentina Juara Copa America 2021

Dalam adu penalti, tiga algojo Italia sukses melakukan tugasnya. Mereka adalah Domenico Berardi, Leonardo Bonucci , dan  Federico Bernardeshci. Sedangkan Andrea Belotti dan Jorginho tidak mampu menembus gawang Inggris.

Sementara Three Lions hanya bisa mencetak gol lewat duo Harry, yaitu Hary Kane dan Harry Maguire. Tiga penendang yaitu Marcus Rashford, Jadon Sancho, dan Bukayo Saka gagal menaklukkan kiper Gianluigi Donnarumma.

 

Susunan Pemain:

Italia XI (4-3-3): Gianluigi Donnarumma; Giovanni Di Lorenzo, Leonardo Bonucci, Giorgio Chiellini, Emerson Palmieri; Nicolo Barella, Jorginho, Marco Verratti; Federico Chiesa, Ciro Immobile, Lorenzo Insigne.

Cadangan: Sirigu, Meret, Locatelli, Belotti, Berardi, Pessina, Acerbi, Cristante, Bernardeschi, Bastoni, Florenzi, Toloi.

Pelatih: Roberto Mancini

Baca Juga: UEFA Tolak Lagu Three Lions Dinyanyikan Jelang Final Euro 2020 Italia Vs Inggris

 

Inggris XI (3-4-3): Jordan Pickford; Kyle Walker, Harry Maguire, John Stones; Kieran Trippier, Kalvin Phillips, Declan Rice, Luke Shaw; mason Mount, Harry Kane, Raheem Sterling.

Cadangan: Ramsdale, Johnstone, Grealish, Henderson, Rashford, Mings, Coady, Sancho, Calvert-Lewin, James, Saka, Bellingham.

Pelatih: Gareth Southgate.

Baca Juga: Momen Haru, Neymar Menangis Dipeluk Messi Saat Argentina Juara Copa America

Promo & Events
Berita Terkait
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago