SOLOPOS.COM - Sejumlah warga mengantre untuk membeli minyak goreng kemasan saat peluncuran minyak goreng kemasan rakyat (MinyaKita) di kantor Kementerian Perdagangan, Jakarta, Rabu (6/7/2022). Kementerian Perdagangan meluncurkan minyak goreng curah kemasan sederhana dengan harga Rp14.000 per liter. (Solopos.com/Antara)

Solopos.com, JAKARTA–Platform lokapasar atau e-commerce, Shopee dan Tokopedia, akan menurunkan dagangan penjual minyak goreng curah kemasan sederhana MinyaKita yang menjual melebihi harga eceran tertinggi (HET) yang ditetapkan pemerintah Rp14.000 per liter.

Head of Public Affairs Shopee Indonesia Radynal Nataprawira mengatakan Shopee telah menerima arahan dari Kementerian Perdagangan (Kemendag) terkait HET MinyaKita sebesar Rp14.000 per liter.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Bagi penjual yang menjual produk MinyaKita di platform Shopee dengan harga di atas HET akan diminta untuk mengganti harga sesuai aturan.

“Atau produk tersebut akan kami turunkan. Tim kami juga akan melakukan skrining secara berkala,” ujar Radynal, Jumat (8/7/2022).

Ekspedisi Mudik 2024

Platform e-commerce lainnya, Tokopedia juga mengatakan akan menindak tegas penjual yang menjual MinyaKita di atas HET.

Baca Juga: Kemendag Sikat 129 Pedagang MinyaKita di E-Commerce Jual di Atas HET

Head of Public Policy and Government Relations Tokopedia Hilmi Adrianto mengatakan Tokopedia akan menindak tegas segala bentuk penyalahgunaan platform Tokopedia dan pelanggaran hukum yang berlaku di Indonesia.

“Termasuk penjualan produk yang melanggar ketentuan dengan harga yang tidak wajar,” ujar Hilmi, Jumat (8/7/2022).

Hilmi menyatakan jika terdapat penjual yang terbukti melanggar, baik syarat dan ketentuan platform maupun hukum yang berlaku, Tokopedia berhak menindak tegas dengan melakukan pemeriksaan, penundaan atau penurunan konten, banned toko atau akun, serta tindakan lain sesuai prosedur.

Meskipun Tokopedia dan Shopee bersifat User Generated Content (UGC) yaitu, penjual dapat mengunggah produk secara mandiri dan aksi kooperatif bersama para mitra strategis, termasuk pemerintah.

Kedua platform ini akan tetap menindak tegas penjual yang melanggar ketentuan harga.

Baca Juga: Di E-Commerce MinyaKita Dijual Lebih Mahal, Mendag: Harga Flat Rp14.000

Kedua platform ini juga menyediakan layanan pelaporan. Di Shopee, pengguna dapat menghubungi pihak Shopee melalui lingkaran menu di sudut kanan atas daftar produk mana pun dan mengklik opsi “Laporkan Produk ini”.

Adapun, untuk Tokopedia bisa dilihat di https://www.tokopedia.com/bantuan/produk-melanggar-ketentuan.

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan atau Zulhas menegaskan harga minyak goreng curah kemasan sederhana dengan merek Minyakita dijual dengan harga Rp14.000 per liter di wilayah Jawa, Sumatra, Bali, Kalimantan, hingga Maluku dan Papua.

Berita telah tayang di Bisnis.com berjudul Ini Ancaman Shopee dan Tokopedia Buat Penjual Minyakita di Atas Rp14.000

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya