SOLOPOS.COM - Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, dan istri, Siti Atikoh, menikmati suasana persawahan di objek wisata Svarga Bumi, Magelang, Jateng, Minggu (30/8/2020). (Istimewa/Humas Pemprov Jateng)

Solopos.com, MAGELANG — Sawah identik dengan petani yang berpakaian lusuh dan penuh lumpur, namun sawah di Magelang, Jawa Tengah (Jateng) ini menawarkan spot selfie yang eksotis.

Bagaimana tidak, persawahan yang tampak asri ini dilengkapi dengan sejumlah properti yang dijamin bakal bikin acara foto makin seru. Apalagi, dengan latar belakang foto hamparan hijau persawahan dan wajah Candi Borobudur.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sawah di Magelang ini tak hanya dikunjungi petani, tapi juga ramai didatangi wisatawan. Sawah tersebut tak lain adalah Svarga Bumi.

Pasar Tradisional Terpukul Covid-19, Papatsuta Solo Pertanyakan Bantuan Untuk Pedagang

Sawah yang kini menjadi destinasi wisata unggulan di Magelang itu dibuka sejak 8 Agustus 2020 lalu. Sawah yang unik dan menarik tersebut sempat viral di media sosial beberapa waktu lalu.

Konsep wisata alam yang diusung di tempat itu sangat menarik. Di tengah-tengah sawah, dibuat banyak spot foto yang instagramable.

Selain itu, lokasinya yang hanya 300 meter dari Candi Borobudur, membuat lokasi itu begitu eksotis. Wisatawan pun bisa berfoto dengan background persawahan juga Candi Borobudur.

Saham Produsen Taro Diperdagangkan Lagi Hari Ini, Minat Beli?

Melihat Aktivitas Petani

Selain bisa berfoto ria, para pengunjung juga bisa melihat aktivitas petani yang sibuk menggarap sawah di Magelang itu. Penggagas Svarga Bumi, Putranto Cahyono, mengatakan tema Svarga Bumi adalah pelestarian alam dengan nilai tambah.

“Jadi, kami tetap mempertahankan sawah sebagai tempat bercocok tanam. Tentu, itu jadi nilai tambah bagi wisatawan,” tutur Putranto Cahyono, Minggu (30/8/2020).

Pungky, sapaan karib Putranto Cahyono, mengatakan destinasi wisata itu ia konsep sejak Juli 2019 lalu. Karena tak ingin hanya Borobodur yang menjadi jujugan wisatawan, ia memutar otak dengan mengembangkan destinasi baru.

Wow, Ada Ratusan Pohon Kopi Liberica Berusia Tua di Hutan Pinus Tirtomoyo Wonogiri

Dengan tetap mempertahankan Candi Borobudur sebagai ikon, ia menyulap sawah di Magelang yang biasanya hanya untuk bercocok tanam menjadi destinasi wisata unggulan.

“Sawah-sawah ini masih 100% milik petani. Jadi, kami sewa sawah dari mereka. Tapi, mereka tetap bisa menggarap sawahnya. Bahkan, kami suplai keperluan mereka, mulai air, pupuk, hingga bibit. Saat panen, kami tidak meminta sedikit pun hasilnya,” jelasnya.

5 Film Ini Diklaim Bikin Melek Finansial, Mau Nonton?

Harga Tiket Masuk

Untuk menikmati wisata di Svarga Bumi, pengunjung hanya perlu membayar tiket masuk Rp15.000-Rp25.000.

Keunikan sawah di Magelang ini juga menarik perhatian Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo. Ganjar bahkan mengajak pasangan artis, Nirina Zubir dan Ernest, ke Svarga Bumi.

“Ini kreatif sekali. Ini memiliki dua kelebihan, selain membangun destinasi wisata yang unik, juga menarik karena bekerja sama dengan petani,” ujar Ganjar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya