SOLOPOS.COM - Bupati Karanganyar, Juliyatmono, saat mengunjungi Expo Kampung Virtual yang digelar SMK Bintang Nusantara, Rabu (6/10/2021). (Istimewa/Pemkab Karanganyar)

Solopos.com, KARANGANYAR – Bupati Karanganyar, Juliyatmono, bakal mengajak perbankan untuk memberikan modal bagi siswa SMK untuk berwirausaha. Kebijakanan diambil Bupati Juliyatmono setelah melihat produk karya siswa SMK Bintang Nusantara (Binus) dalam Expo Kampung Virtual, Rabu (6/10/2021).

Dalam pameran yang digelar di sekolah tersebut, Bupati yang akrab disapa Yuli itu melihat produk siswa SMK jurusan Farmasi dan Keperawatan tersebut berupa hand sanitizer, sabun cuci, sabun mandi, dan aneka barang kecantikan. Para siswa juga ada yang memproduksi aneka olahan makanan dan minuman.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Hasil produksi aneka macam makanan dan sabun sangat luar biasa banyak dan sangat potensial anak-anak ini menjadi wirausahawan. Saya akan ajak bank untuk memberikan modal bagi anak-anak yang mau berwirausaha. Berkisar Rp 500.000 sampai Rp1 juta untuk memasarkan produknya ke masyarakat luas,” papar Bupati Yuli dalam sambutannya di SMK Bintang Nusantara di Dusun Beji, Desa Gaum, Kecamatan Tasikmadu, Rabu, seperti dikutip dalam siaran pers Pemkab.

Baca Juga: SMK Binus Karanganyar Gelar Expo Kampung Virtual, Pamerkan Produk Siswa

Dengan modal tersebut, Bupati berharap siswa wirausahawan itu bisa memasarkan dan mengatur keuangannya sendiri. Ia juga mendorong sekolah bisa menghasilkan uang sendiri.

“Sambil ditingkatkan produknya, baik izinnya sehingga semua menjadi sesuatu yang layak diterima di masyarakat. Sekolah seperti ini yang diharapkan menghasilkan entrepreuner muda,” ungkapnya.

Lebih lanjut Bupat memintan SMK Binus berpartisipasi memeriahkan HUT ke-104 Karanganyar pada 18 November 2021 mendatang. Ia juga meminta 10 siswa terbaik SMK Binus diikutkan dalam pelatihan di Balai Latihan Kerja (BLK) Karanganyar.

Baca Juga: Wisata Candi Sukuh dan Cetho Dibuka Sabtu, Ini Syarat Agar Bisa Masuk

“Pulang dari BLK nanti saya akan kasih laptop. Saya berharap jadi wirausahawan yang aandal dan matang,” imbuh Yuli.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya