SOLOPOS.COM - Maskot Solo International Performing Arts (SIPA) 2021, Endah Laras (tengah), diiringi penari yang tergabung pada Sanggar Tari Semarak Candra Kirana membuka pertunjukan SIPA 2021 secara Hybrid dan Drive-in di Bengawan Solo Park at Jurug Zoo kompleks Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ), Solo, Kamis (7/10/2021). (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SEMARANG — Sebanyak delapan event yang ada di Jawa Tengah (Jateng) masuk dalam kalender nasional 2023 dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf). Dari delapan event atau agenda wisata Jateng yang masuk daftar kalender nasional itu, empat di antaranya akan berlangsung di Kota Solo.

Dikutip dari laman visitjawatengah.jatengprov.go.id, Rabu (1/2/2023), baru-baru ini Kemenparekraf meluncurkan dua agenda wisata bertajuk Karisma Event Nusantara (KEN) 2023 dan Sportive 2023. KEN 2023 merupakan daftar 110 agenda atau event wisata di Indonesia yang menjadi prioritas unggulan. Dari 110 event KEN 2023 itu, lima di antaranya berasal dari Jateng.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kelima event atau agenda wisata Jateng yang masuk 110 agenda KEN 2023 itu yakni Dieng Culture Festival di Banjarnegara, Festival Kota Lama di Semarang, Solo Menari dan Solo Keroncong Festival di Kota Solo, serta Moro Borobudur yang digelar di Magelang.

Ekspedisi Mudik 2024

Dari lima event itu, dua di antaranya bahkan masuk dalam daftar Top 10 KEN yakni Dieng Culture Festival dan Festival Kota Lama. Kelima event atau agenda wisata di Jateng ini lolos dalam KEN 2023 setelah melalui berbagai tahapan seleksi yang dilakukan Kemenparekraf sejak November-Desember 2022 seperti proses administrasi, konsep, dan wawancara. Sebelumnya, Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) Jateng telah mengusulkan 10 event unggulan tahun 2023 untuk mengikuti KEN 2023.

Sementara itu, dalam Sportive 2023 yang merupakan event unggulan dari segi olahraga, musik, dan event kreatif ada tiga agenda wisata Jateng yang lolos seleksi. Ketigaa event itu yakni Solo International Performing Arts (SIPA), Festival Payung Indonesia (Fespin) dan Mesastila 100.

SIPA adalah event pagelaran mahakarya seni pertunjukan berskala internasional yang rutin digelar di Kota Solo. Sementara, Festival Payung Indonesia merupakan kegiatan festival rakyat tahunann yang digelar sebagai wadah inspirasi bagi masyarakat untuk menciptakan karya dan kreasi seni dengan payung.

Festival Payung Indonesia atau Fespin kali pertama digelar di Taman Balekambang, Kota Solo, pada tahun 2014 lalu. Tahun ini, Fespin akan digelar di Pura Mangkunegaran, Solo, pada 8-10 September 2023.

Sedangkan Mesastila 100 merupakan event sport tourism seperti halnya lari maraton dengan rute melintasi lima gunung di Jawa Tengah (Jateng). Event ini digelar di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah (Jateng).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya