SOLOPOS.COM - Ilustrasi panen padi (JIBI/Solopos/Antara/Siswowidodo)

Solopos.com, KULONPROGO — Kementerian Pertanian secara resmi menetapkan varietas padi unggulan dari Kulonprogo, Melati Menoreh, sebagai varietas padi unggulan nasional. Penetapan ini menjadi buah dari perjuangan panjang yang telah dilakukan sejak 2013.

Kasubid Pendaftaran Peredaran Varietas Tanaman pada Pusat Perlindungan Varietas Tanaman dan Perizinan Pertanian Kementerian Pertanian, Wiji Astutingsih, mengatakan penetapan padi Melati Menoreh atau yang lebih dikenal dengan padi Menor ini sebagai varietas baru atau unggul nasional sebagai langkah yang positif. Dia berharap penetapan ini membuat padi Menor bisa lebih dikenal masyarakat dan berkembang luas.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Ini bisa memacu dan menumbuhkan minat masyarakat luas untuk menanam Menor, sehingga Menor bisa lebih berdaya lagi,” ujar Wiji pada Jumat (22/4/2022).

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kulonprogo, Muhammad Aris Nugroho, mengatakan penetapan padi Menor merupakan buah dari perjuangan panjang yang telah dilakukan sejak 2013, dari mulai proses pemuliaan, pengembangan, evaluasi, hingga pengusulan penetapan varietas unggul.

Baca Juga: Petasan Meledak di Sleman, 1 Rumah Hancur dan 8 Rumah Rusak

“Sangat menggembirakan bagi Kulonprogo. Ini akan menjadi nilai tambah bagi petani Kulonprogo,” kata Aris.

Menurut Aris, petani dapat mengembangkan Padi Menor secara massal karena sudah mengantongi izin. Padi Menor juga dapat diperjualbelikan secara luas baik berupa gabah maupun benih. Pada tahun 2022, Pemkab Kulonprogo juga telah menargetkan 90 hektare lahan untuk pengembangan Menor.

“Menor memiliki kualitas bagus, baik dari rasa maupun produktifitasnya yang tinggi, ini bisa dikembangkan besar-besaran karena sudah berizin, tidak menutup kemungkinan bisa dijual ke luar daerah, namun sementara kami masih fokus pada pemenuhan kebutuhan lokal Kulonprogo,” ungkap Aris.

Baca Juga: Penimbun BBM Subsidi di Sleman Dibongkar, Begini Modusnya

Bupati Kulonprogo Sutedjo mengharapkan Padi Menor dapat berkembang menjadi pilihan bagi masyarakat ynag mencari varietas padi unggulang.

Melati Menoreh atau lebih dikenal dengan padi Menor resmi ditetapkan sebagai varietas unggul nasional oleh Menteri Pertanian. Penetapan tersebut tertuang dalam SK Menteri Pertanian tentang Penetapan Pelepasan Varietas Baru yang diterima Bupati Kulonprogo Sutedjo dari perwakilan Kementerian Pertanian di Ruang Menoreh Pemkab Kulonprogo, Kamis (21/4/2022).

Berita ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judul Kementan Tetapkan Padi Menor Kulonprogo Jadi Varietas Unggulan Nasional

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya