SOLOPOS.COM - Obelix Village di Kabupaten Sleman. (istimewa)

Solopos.com, SLEMAN — Obelix Village merupakan tempat wisata baru yang ada di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Tempat wisata ini ternyata menyerap tenaga kerja lokal hingga 120 orang.

Selain itu, tempat wisata yang baru diresmikan 15 Oktober 2022 tersebut juga melibatkan masyarakat sekitar. Sehingga warga di sekitar lokasi tidak hanya menjadi penonton saja, tetapi menjadi bagian dari objek wisata itu.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Manajer Obelix Village, Monika Priyatno, mengatakan lokasi Obelix Village ini berada di lingkungan perdesaan di Padukuhan Krandon, Kaluruhan Pandowoharjo, Sleman. Dalam membangun tempat wisata ini, pihak manajemen memberdayakan warga sekitar.

Dia menyebut sebelum objek wisata itu dibuka, ada bakti sosial dan pengajian yang mengundang warga sekitar.

Baca Juga: Ini Deretan Tempat Wisata yang Lokasinya Dekat dari Obelix Village Jogja

“Nantinya, kami menggandeng desa wisata melalui atraksi gerobak sapi. Karang Taruna juga dilibatkan untuk mengelola lahan parkir,” jelas Monika dalam rilis yang diterima Harianjogja.com (Solopos Media Group), Jumat (14/10/2022).

Dia menyampaikan kehadiran Obeli Village ini juga mampu menyerap lebih dari 120 karyawan termasuk pekerja restoran, kafe, dan ministall.

Obelix Village merupakan tempat wisata yang merupakan satu grup dengan Obelix Hills yang ada di Prambanan. Kedua tempat wisata ini berada di bawah manajemen All Obelix.

Monika menyampaikan proyek Obelix Village ini sebenarnya sudah cukup lama dikerjakan. Idenya bermula dari keinginan mencari suatu tempat rekreasi unik yang berada di tengah sawah.

Baca Juga: Ini Fasilitas di Obelix Village Sleman, Ada Little Zoo hingga Sungai Estetik

“Kami [All Obelix] ingin menghadirkan sesuatu yang natural tanpa merusak eksistensi kawasan sebagai lahan kuning. Sebagaimana Obelix Hills yang sudah terlebih dulu hadir, kami tetap berprinsip tidak mengunah keaslian objek,” jelasnya.

Berawal dari niatan itu akhirnya tercetus gagasan membuat objek wisata dengan desain kembali ke alam. Sesuai konsep tersebut, Obelix Village yang berdiri di atas lahan seluas empat hektare menyuguhkan wahana pertanian mini dan kebun binatang mini.

Pertanian mini merupakan suatu wahana edukasi tentang pertanian. Pengunjung bisa ikut bercocok tanam dan memanen hasil tani serta dapat bertransaksi aneka produk sayuran organik.

Kebun binatang kecil mengusung konsep berbagai macam satwa seperti rusa, kelinci, burung, sapi, kambing, kuda poni dan ayam. Pengunjung bisa berinteraksi dengan satwa lewat cara memberikan pakan yang sudah disediakan pengelola.

Baca Juga: Obelix Village Tempat Wisata Baru di Sleman, Segini Tiket Masuknya

Aktivitas olahraga turut menjadi salah satu perbedaan dengan Obelix Hills yang lebih banyak menjual pesona alam. Ada pula wahana tepian sungai yang membuat pengunjung dapat bersantai di tepi sungai sembari menikmati ragam kuliner.

Untuk masuk ke objek wisata ini, pengunjung membayar tiket masuk mulai dari Rp15.000 hingga Rp30.000.

Berita ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judul Obelix Village Jadi Destinasi Hits di Tengah Hamparan Alam Perdesaan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya