SOLOPOS.COM - Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa, memberangkatkan ekspor kopi jenis excelsa di Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Jombang, Selasa (10/5/2022). (Istimewa/Pemprov Jatim)

Solopos.com, JOMBANG — Kelompok pemuda asal Desa Wonosalam, Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, mengekspor kopi jenis excelsa ke Malaysia. Pada ekspor perdana ini, Asosiasi Kopi Wonosalam mengirim sebanyak 12 ton kopi excelsa.

Ekspor perdana kopi excelsa ke Malaysia secara simbolis diberangkatkan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa di Dusun Pucangrejo, Kecamatan Wonosalam, Jombang, Selasa (10/5/2022).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Khofifah menyampaikan pemberangkatan ekspor kopi jenis excelsa ini menjadi bagian penting bagi Pemprov Jatim dalam membangun koneksitas pasar luar negeri. Dia mengatakan jenis kopi excelsa yang diekspor ini produksinya di seluruh dunia hanya 7%.

“Di Jawa Timur, kopis jenis excelsa ada di daerah Wonosalam, lereng Gunung Wilis Madiun, dan satu lagi di lereng Ijeng. Jadi memang komoditas ini favorit. Budidayanya cukup lama kalau ditanam dan baru bisa dipanen lima tahun,” kata Khofifah yang dikutip dari situs resmi Pemprov Jatim, Selasa.

Baca Juga: Wisatawan Terseret Ombak di Pantai Trenggalek, 1 Orang Belum Ditemukan

Dia mengajak pemuda yang memiliki minat di sektor perkebunan terutama kopi supaya masuk dan benar-benar mendalaminya. Hal ini karena pasarnya sangat bagus. Apalagi kopi jenis excelsa yang merupakan favorit pasar dunia.

“Mudah-mudahan ini menjadi semangat anak muda untuk produktif di sektor apa pun, terutama sektor tanam kopi dan mereka mampu menembus pasar dunia,” jelasnya.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jawa Timue, Budi Harnoto, mengatakan sekitar 95% luas lahan panen kopi di Jombang terletak di Kecamatan Wonosalam dengan hasil produksi kopi per tahunnya 583 ton.

Baca Juga: Bobol Jok Motor Petani di Madiun, Pria Ini Nyaris Dipukuli Warga

BI Jatim telah melakukan pembinaan petani kopi di Wonosalam sejak 2019 dengan melaksanakan pengembangan bisnis melalui keikutsertaan berbagai pameran dan penagdaan alat produksi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya