SOLOPOS.COM - Noval Dhana Ardhani Piliang dan karyanya. (Istimewa/DKV FSRD ISI Solo)

Solopos.com, SOLO -- Karya Mahasiswa Desain Komunikasi Visual (DKV) Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) Institut Seni Indonesia (ISI) Solo, Noval Dhana Ardhani Piliang, lolos kurasi pameran internasional.

Posternya dengan judul Restart a New Life On Earth bakal dipajang dalam ajang internasional bertajuk Restart : VIDAK 2021 INNOVATION : International Poster Invitation Exhibition dalam waktu dekat di Korea Selatan. Karya mahasiswa ISI Solo itu akan bersanding dengan poster dari sejumlah desainer luar negeri.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Agenda pameran poster internasional yang diselenggarakan secara virtual ini hasil kerja sama antara Visual Information Design Asscociation of Korea (VIDAK) dengan Seoul Design Foundation.

Baca juga: Sederhana Dan Prokes Ketat, Begini Jalannya Kirab Malam Selikuran Ramadan Keraton Solo

Acara berlangsung secara daring di www.behance.net, serta luring di Dongdaemun Design Plaza (DDP), 2nd Floor CREA HALL D281, Eulji-ro, Jung-gu, Seoul, Korea Selatan, dalam waktu dekat.

Noval menilai hal tersebut sebagai apresiasi yang luar biasa. Pameran berpusat di Korea Selatan itu merupakan ajang bergengsi dengan proses kurasi cukup ketat.

Menurut dia, seleksinya dimulai pada 23 Februari hingga 23 Maret 2021 dan baru diumumkan beberapa waktu lalu. Dia merasa beruntung bisa menjadi salah satu peserta perwakilan Indonesia.

Baca juga: SD di Kota Solo Mulai PTM Uji Coba, Begini Skemanya

Sementara mengenai karyanya berjudul Restart a New Life On Earth diambil dari tema besar mereka berjudul Restart. Noval ingin menggambarkan kondisi dunia saat ini ketika semua orang waswas dengan Covid-19. Ia mengibaratkannya seperti bulan, yang membersamai manusia sejak setahun terakhir, menerangi setiap malam.

Semangat Kebangkitan Bersama

Melihat hal tersebut, manusia perlu beradaptasi dengan era baru atau new normal. Karyanya menyimbolkan semangat kebangkitan bersama.

"Restart a New Life on Earth memulai kembali kehidupan di bumi adalah salah satu bentuk kebangkitan kita sebagai manusia dalam menghadapi pandemi,” terang Noval kepada Solopos.com, baru-baru ini.

Baca juga: Cerita Anna Silvia: dari Finalis Putri Solo hingga Wakili Indonesia di Miss Elite World

Selain perwakilan dari Solo, ada beberapa desainer senior yang ikut bergabung dalam acara tersebut. Mereka di antaranya berasal dari Iran, Korea Selatan, Spanyol, Swiss, China, Kanada, Kroasia, Jepang, Mexico, dan lainnya.

Kaprodi DKV FSRD ISI Solo, Asmoro Nurhadi Panindias, menilai pencapaian Noval sebagai bukti bahwa kompetensi mahasiswanya bisa disejajarkan dengan desainer grafis dari negara lain.

“Dengan bisa mengikuti pameran di tingkat internasional sehingga skill dan kompetensi mahasiswa bisa terasah, mempunyai pengalaman, dan kinerja program studi serta perguruan tinggi bisa lebih meningkat kedepannya,” Asmoro.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya