SOLOPOS.COM - Jordi Amat dan Sandy Walsh (pssi.org)

Solopos.com, JAKARTA—Jordi Amat Maas dan Sandy Walsh bisa memperkuat Timnas Indonesia di Piala AFF 2022 setelah direncanakan diambil sumpah untuk menjadi warga negara Indonesia (WNI) pada Kamis (17/11/2022). Pengambilan sumpah dua orang calon pemain naturalisasi Indonesia itu bakal dilakukan oleh Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham).

Keduanya sudah menjalani beberapa rangkaian proses. Diawali dengan wawancara di Badan Intelijen Negara (BIN), kemudian menjalani tes kesehatan atau medical check up di sebuah rumah sakit di Jakarta. Mereka juga sebelumnya sudah mendapatkan rekomendasi dari Komisi III dan Komisi X DPR.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kemudian terakhir, pada 9 November 2022 surat keputusan Presiden RI telah ditandatangani oleh Presiden Joko Widodo.

Baca Juga: Giliran Komisi III DPR Beri Lampu Hijau Shayne Pattynama Jadi WNI

Ekspedisi Mudik 2024

Keppres atas nama Sandy bernomor 5 sedangkan Jordi dengan nomor 6. Keppres tersebut telah diserahkan ke Menpora Zainudin Amali dan Kemenkumham Yasonna Hamonangan Laoly untuk ditindaklanjuti.

Selepas pengambilan sumpah nanti, keduanya sah menjadi seorang WNI.

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan menyambut baik kabar tersebut. Saya kemarin mendapatkan kabar bahwa pada Kamis 17 November 2022, Sandy Walsh dan Jordi Amat akan disumpah oleh Kemenkumham sebagai warga negara Indonesia,” katanya seperti dilansir dari laman resmi PSSI, Rabu (16/11/2022).

Baca Juga: PSSI Inginkan Jordi, Sandy dan Shayne Perkuat Timnas Indonesia di Piala AFF

“Untuk itu, saya telah meminta Sandy Walsh dan Jordi Amat untuk datang ke Indonesia,” sambungnya.

Itu artinya, peluang keduanya untuk bermain bersama Timnas Indonesia di Piala AFF 2022 kian dekat. Jika kedua pemain sudah disumpah sebelum 20 November 2022 (batas akhir pendaftaran pemain), tak menutup kemungkinan keduanya dibawa oleh Shin Tae-yong ke Piala AFF 2022.

Piala AFF 2022 bakal bergulir 20 Desember 2022 hingga 16 Januari 2023. Timnas Indonesia berada di Grup A bersama Thailand, Filipina, Kamboja, dan Brunei Darussalam.

Baca Juga: Menpora: Naturalisasi Pemain Timnas Jangka Pendek, Pembinaan Tetap Utama

“Alhamdulillah, terima kasih kepada semua pihak yang telah memperjuangkan hal baik ini. Semoga dengan bergabungnya Sandy dan Jordi, akan menambah kekuatan Timnas,” ucap Iriawan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya