SOLOPOS.COM - Jordi Amat (kanan) menjadi kapten tim KAS Eupen, Belgia. (as-eupen.be)

Solopos.com, JAKARTA—Kekuatan Timnas Indonesia bakal semakin bertambah dengan kehadiran pemain naturalisasi, salah satunya Jordi Amat.

Bek tengah berkewarganegaraan Spanyol itu sedang dalam proses naturalisasi menjadi WNI. Dia optimistis pengalamannya mengarungi ketatnya liga sepak bola Eropa dapat membantu tim nasional Indonesia.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Sudah 12 tahun saya berkecimpung di dunia sepak bola profesional. Saya pernah bermain di La Liga dan Premier League. Jadi saya memiliki banyak pengalaman dan pengetahuan yang bisa dibagikan kepada pemain lain di tim nasional,” ujar Jordi Amat di Jakarta, Kamis (26/5/2022).

Baca Juga: Jordi Amat Segera Tiba di Indonesia, Kontrak di Eupen Tak Diperpanjang

Ekspedisi Mudik 2024

Jordi Amat sendiri memulai karier profesional pada 2010 di La Liga Spanyol bersama klub Espanyol. Kemudian, pemain yang lahir pada 21 Maret 1992 tersebut sempat pula berseragam Rayo Vallecano, Swansea City di Liga Inggris, dan Real Betis. Kini Jordi Amat bermain untuk KAS Eupen di Liga Belgia.

Meski demikian, Jordi menggarisbawahi memerlukan masukan, wawasan dan pengalaman dari teman-temannya di Timnas Indonesia.

Dengan saling berbagi, pria yang memiliki darah Indonesia dari sang nenek itu yakin skuat Garuda semakin solid dan bertambah kualitas. “Dengan berjuang bersama, saya yakin kami akan mampu meningkatkan performa tim,” kata Jordi.

Baca Juga: Jordi Amat Segera Dinaturalisasi, Ternyata Keturunan Makassar

Jordi Amat merupakan salah satu pemain luar negeri keturunan Indonesia yang berkas administrasi naturalisasinya ke WNI sedang diproses oleh pemerintah, selain Sandy Walsh dan Shayne Pattynama.

Sandy dan Jordi sudah menuntaskan beberapa agenda naturalisasi di Jakarta pekan lalu seperti mengurus beberapa hal kedutaan besar negara asal mereka di Indonesia, melakukan tes kesehatan dan mengikuti wawancara tertutup dengan Badan Intelijen Negara. Sementara Shayne Pattynama dijadwalkan tiba di Indonesia pada minggu ini.

PSSI berharap naturalisasi mereka segera rampung agar bisa memperkuat tim nasional Indonesia di Kualifikasi Piala Asia 2023 di Kuwait.

Baca Juga: Lampu Hijau untuk PSSI, Jordi Amat Siap Bela Timnas Indonesia

Pada fase penentu kelolosan ke Piala Asia 2023 yang akan berlangsung pada 8-14 Juni 2022 itu, Indonesia berada di Grup A bersama Yordania, Nepal dan tuan rumah kualifikasi, Kuwait.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya