SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Meskipun kejadian ini sudah berlangsung lama, tapi selalu saja membuat Jon Koplo nyengir kisinan kalau mengingatnya. Saat Jon Koplo masih anyar-anyare jadi mahasiswa universitas negeri di Solo, dia masih sering nglajo dari rumahnya di daerah Gunung Kidul. Seperti biasanya Koplo harus naik bus tiga kali agar sampai ke tempat kosnya. Tapi dasar cah anyaran, kadang ia masih bingung juga.
Suatu hari Jon Koplo berangkat dari rumah mruput agar tak ketinggalan bus. Singkat cerita, dari Gunung Kidul ia turun di Penggung, lalu oper bus ke Terminal Tirtonadi. Dari terminal inilah ia harus ganti bus lagi untuk menuju ke tempat kos yang kebetulan sejalur dan dekat dengan kampusnya.
Sampai di Terminal Tirtonadi, seperti biasa Koplo nyegat bus ke arah kampusnya. Setelah sekian lama menunggu, ia mendengar kenek bus teriak-teriak,  “Kampus… Kampuuss… Kampuuusss… Langsung mangkattt…!!!” Tanpa pikir panjang dan tanpa pakai nanya, Koplo langsung mencolot masuk ke dalam bus itu. Untuk mengusir kejenuhan, Koplo mengambil buku dari tasnya dan membacanya.
Tak seperti biasanya, ia merasa agak aneh dengan jalur bus yang dinaikinya. Biasanya dari terminal ke timur, tapi ini malah ke barat. “Ah, mungkin beda jalur saja,” pikir Koplo. Ia pun melanjutkan baca buku.
Sesekali Koplo melihat kea rah jendela. Tapi lama-kelamaan Koplo merasa asing dengan jalan di luar sana. Ia pun khawatir dan bertanya kepada kenek bus, ”Mas, ini mau ke kampus UNS kan?”
Kenek bus bernama Tom Gembus itu malah kaget, “Walah, salah jurusan, Mas. Ini mau ke kampus UMS. Lha mase tadi nggak tanya sih!”
Jon Koplo kisinan dan akhirnya ia minta turun di daerah Manahan, lalu nyegat bus lagi balik ke terminal. Ha-ha-ha… malu bertanya sesat di jalan tenan ta…!

Helmi Rian Fathurrohman, Mahasiswa Prodi Bahasa dan Sastra Indonesia, UNS Solo

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya