SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Kehidupan sosial-ekonomi warga sebuah kampung di daerah Sukoharjo rata-rata hampir sama, pas-pasan, meskipun ada satu-dua yang terbilang kaya. Demikian halnya dengan seorang janda setengah umur, sebut saja Lady Cempluk. Buruh kasar ini tidak punya kepandaian apa-apa. Pekerjaannya hanya adhang-adhang kalau ada tetangganya yang membutuhkan tenaganya seperti mencuci, seterika, atau bersih-bersih halaman rumah. Lumayan, hasilnya bisa untuk menyambung hidup bersama anak semata wayangnya, Jon Koplo.
Beruntung, di kampung itu ada dokter wanita yang berjiwa sosial, sebut saja Gendhuk Nicole. Setiap pasien yang berobat, entah miskin atau kaya, semua diperlakukan sama, hanya bayar Rp15.000 untuk periksa plus obatnya, sehingga warga di situ bisa mendapatkan pertolongan medis yang murah meriah.
Suatu hari, Jon Koplo sakit. Cempluk pun membawa anaknya itu ke dokter Nicole. Sampai di tempat praktik, Cempluk langsung disambut petugas jaga dengan mengatakan, “Njenengan tiga gangsal, Bu.”
Bagi Cempluk yang baru kali pertama berobat ke situ kaget, “Lho, jare Rp15.000? Kok Rp35.000?” batin Cempluk.
Merasa hanya membawa uang Rp20.000, Cempluk mengajak anaknya pulang.  Sampai di rumah, ada tetangganya yang tanya, “Lho kok cepat sekali sudah pulang Bu Cempluk?”
“Lha saya cuma bawa duit Rp20.000. Tadi penjaganya memberi tahu 35,” tukasnya.
“Oh, 35 itu bukan ongkosnya, Bu. Itu nomor urut antrean. Semua orang yang datang pasti diberi tahu penjaga nomor urutnya. Jadi jangan keliru.”
Setelah diberi tahu tetangganya, Cempluk buru-buru mengajak anaknya kembali ke tempat praktik dokter Nicole, takut selak tutup. Sampai di tempat praktik, Cempluk kembali disambut petugas jaga, “Tadi nomor 35 dipanggil Ibu kok tidak ada, ke mana?”
“Maaf Mas, tadi mase bilang 35 itu saya kira biayanya Rp35.000. Karena saya cuma bawa uang Rp20.000, saya langsung pulang. Ternyata 35 itu nomor urut ta?” jawab Cempluk dengan polosnya.
Semua pasien yang sedang di situ pun pada cekikian menertawakan Cempluk.

Wardono, Perum Gentan Pelangi Indah E-8, Gentan, Baki, Sukoharjo

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya