Jokowi Sumbang Segini Untuk SMAN 1 Sragen Bangun Masjid Rp3,4 Miliar

Sejumlah pejabat dan alumni menjadi donatur pembangunan Masjid Darussalam milik SMAN 1 Sragen. Salah satu donatur tersebut adalah Presiden Jokowi.
SHARE
Jokowi Sumbang Segini Untuk SMAN 1 Sragen Bangun Masjid Rp3,4 Miliar
SOLOPOS.COM - Bupati Sragen dan Kepala SMAN 1 Sragen melihat-lihat interior dalam Masjid Darussalam SMAN 1 Sragen seusai diresmikan Jumat (21/1/2022). (Solopos.com/Tri Rahayu)

Solopos.com, SRAGEN — Bupati Sragen, Kusdinar Untung Yuni Sukowati, pada  Jumat (21/1/2022) meresmikian Masjid Darussalam di kompleks SMAN 1 Sragen. Masjid megah ini memiliki kapasitas hingga 1.000 orang dan menelan anggaran hingga Rp3,4 miliar.

Untuk ukuran masjid sekolah, anggaran sebanyak itu tentu sangat besar. Dari mana SMAN 1 Sragen mendapat dana sebanyak itu untuk membangun Masjid Darussalam?

PromosiTop! Bos Tokopedia Masuk List Most Extraordinary Women Business Leader

Jawabannya adalah dari para donatur. Bahkan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) pun tercatat sebagai salah satu donatur pembangunan Masjid Darussalam.

Baca Juga: Sekolah di Sragen ini Punya Masjid Megah Rp3,4 Miliar, Muat 1.000 Orang

“Banyak yang menjadi donatur dalam pembangunan masjid ini. Presiden Joko Widodo juga menjadi donatur. Pak Untung Wiyono [mantan Bupati Sragen] juga ikut menyumbang, Banyak yang mendukung. Donatur paling besar dari alumni SMAN 1 Sragen yang dipelopori Prof. Sri Puryono. Kami mengucapkan terima kasih dan semoga menjadi amal jariyah,” ujar Kepala SMAN 1 Sragen, Beti Marga Sulistyawati, Jumat.

Masjid Darussalam SMAN 1 Sragen
Bangunan Masjid Darussalam SMAN 1 Sragen terlihat bagus, Jumat (21/1/2022). (Solopos.com/Tri Rahayu)

Mantan Bupati Sragen, Untung Wiyono, ikut hadir dalam dalam peresmian masjid itu. Saat ditemui wartawan, Untung menyebut Presiden Jokowi pernah memberi bantuan senilai Rp100 juta.

“Semua teman-teman ikut membantu. Pak Sarwono dari PLN juga ikut membantu. Sekolah punya masjid begini besar, hebat. Semua untuk masyarakat,” kata Untung.

Baca Juga: Selamat! 13 Sekolah di Sragen ini Lolos Adiwiyata Nasional dan Mandiri

Alumnus SMAN 1 Sragen angkatan 1979, Prof. Sri Puryono, menyampaikan masjid ini semula direncanakan menelan dana Rp1,6 miliar. Namun dalam perjalannya antusias alumni dan donatur luar biasa sehingga masjid ini dipermegah dan menelan dana sampai Rp3,4 miliar.

masjid darussalam SMAN 1 sragen
Lampu hias berukuran besar berada di dalam Masjid Darussalam SMAN 1 Sragen, Jumat (21/1/2022). (Solopos.com/Tri Rahayu)

“Berkahnya luar biasa. Namanya Darussalam, artinya negeri yang damai. Semoga masjid ini menambah kedamaian di sekolah. Masjid ini untuk umum. Saya dilapori saat Subuh dan Magrib, jamaahnya lebih dari tiga saf,” jelasnya.

Puryono berharap adanya kekurangan yang disampaikan Kepala SMAN 1 Sragen itu diharapkan bisa mengetuk para dermawan semua. Dia menyebut kekurangan itu cukup senilai Rp100 juta.

Baca Juga: Sekolah Kebanjiran, Pelajar SDN 4 Kebonromo Sragen Belajar di Rumah

“Semalam saya menangis saat mengingat teman-teman yang meninggal. Harta, istri yang cantik, tidak ada gunanya saat meninggal karena yang menyertainya hanya amal jariyah,” katanya.



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
Promo & Events
Berita Terkini
Indeks Berita

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago