SOLOPOS.COM - Ilustrasi sapi kurban Presiden Jokowi. Rika Daru Efendi, bersama Gombloh, sapi kurban pilihan Presiden Jokowi, dari Bantul, DIY. (Harianjogja.com/Jumali)

Solopos.com, SOLO -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali berkurban dua ekor sapi di kota kelahirannya, Solo, pada Hari Raya Idul Adha tahun ini.

Dua ekor sapi berukuran jumbo itu bakal diantarkan ke Masjid Agung Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat dan Masjid Al Wustho, Pura Mangkunegaran.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Salah satu sapi ada yang beratnya 1,03 ton atau 1.030 kilogram (kg). Sapi lainnya punya berat 930 kg.

Cerita Pilu Agen Tiket Bus di Karanganyar, Sebulan Tak Dapat Satu pun Penumpang

Kasubag Pendidikan dan Kebudayaan Bagian Kesra Setda Solo, Bambang Harjanto, mengatakan penandatanganan berita serah terima sapi kurban dari Presiden dilakukan Kamis (23/7/2020) pagi.

Presiden mewakilkan Adun Rusnawan dari Sekretariat Presiden dalam penandatanganan tersebut. “Berita acara diterima oleh Wali Kota Solo, F.X. Hadi Rudyatmo, Wakil Walikota Solo, Achmad Purnomo, Sekda Solo, Ahyani, dan Kabag Kesra, Danang Sulindriyanto,” kata dia, kepada wartawan, Kamis.

Mantap! Mal di Soloraya Ini Gelar Wedding Virtual, Biayanya Rp25 Juta

Sapi Didatangkan dari Sragen dan Sukoharjo

Kedua sapi tersebut berjenis limousine. Dia sapi kurban Jokowi itu didatangkan dari dua daerah.

Sapi pertama yang disumbangkan untuk Masjid Agung berumur 4 tahun 3 bulan seberat 1,03 ton. Sapi didatangkan dari Desa Glondongan RT001/RW002 Kelurahan Mranggen, Kecamatan Polokarto, Sukoharjo.

Sedangkan, sapi untuk Masjid Al Wustho berumur di atas 3 tahun, seberat 930 kg dari Dusun Soko, Desa Tegal Ombo, Kecamatan Kalijambe, Sragen.

Kasus Positif Covid-19 Melesat, Ponorogo Dapat Bantuan Mesin PCR

“Sapi langsung diantarkan dari kandang ke masjid pada H-1 menunggu kesiapan dua masjid. Sedangkan, penyerahan resmi dari Pemkot kepada masjid masih diagendakan setelah salat Idul Adha. Lokasi penyembelihan masih dirapatkan, apakah akan disembelih di masjid atau di penjagalan,” jelas Bambang.

Di sisi lain, sama seperti tahun sebelumnya, Pemkot Solo menghibahkan tujuh ekor sapi pada Hari Raya Iduladha menggunakan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD). “Sapi dari Pemkot saat ini masih pengadaan,” kata dia.

Sementara, Wali Kota Solo dalam sambutan seusai serah terima berita acara menyampaikan terima kasih atas sapi kurban dari Jokowi tersebut. “Sampaikan salam hormat kami, saya beserta Pak Wakil kepada Bapak Presiden," kata Rudy, sapaan akrabnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya