SOLOPOS.COM - Presiden Jokowi menyopir mobil listrik Mitsubishi Minicab-MiEV di halaman BSD City, Kabupaten Tangerang, Rabu (17/11/2021). (Foto: Instagram.com/jokowi)

Solopos.com, JAKARTA — Tren penggunaan mobil listrik yang tumbuh signifikan belakangan ini membuat Presiden Joko Widodo (Jokowi) mulai melirik mobil ramah lingkungan tersebut. Orang nomor satu di Indonesia itu meminta Pertamina untuk menyiapkan grand design untuk memproduksi mobil listrik.

Instruksi itu disampaikan Jokowi saat memanggil jajaran direksi dan komisaris PT Pertamina dalam rapat yang digelar 16 November 2021 lalu. Dalam rapat tersebut, Jokowi membahas penggunaan energi fosil dan energi baru terbarukan. Ia meminta Indonesia dalam waktu dekat dapat memiliki grand design mobil listrik sebagai alih bahan bakar konvensional.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Pertamina bisnisnya berada pada minyak dan gas yang mau tidak mau juga terkena imbas kalau semua mengarahnya ke mobil listrik. Sebab itu grand design harus disiapkan,” kata Jokowi rapat yang baru disiarkan di kanal Youtube Sekeretariat Presiden, Sabtu (20/11/2021).

Baca Juga: Jokowi Instruksikan Semua Pihak Fokus Turunkan Kasus Aktif Covid-19

Jokowi mengaku keinginannya didasari dari hasil pertemuannya dengan sejumlah kepala G20 di Roma, Italia dan COP26 di Glasgow, Skotlandia. Menurut Jokowi, negara maju sudah membuat regulasi dengan beleid negara untuk segera meninggalkan energi fosil dan beralih ke listrik.

“Kita juga harus siap, tidak bisa ditunda karena ini kerja cepat-cepatan, karena siapa yang bisa mengambil peran secepatnya itu yang akan mendapatkan keuntungan,” ujar Jokowi.

Meski begitu, mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengakui Indonesia tidak bisa mengerjakan mobil listrik sendirian. Sehingga, perlu bantuan negara maju.

Baca Juga: Bongkar Harga Outfit Jokowi Balapan di Mandalika, Murah Meriah Gaes!

“Kita bicara dengan mereka, Joe Biden [Presiden Amerika], Boris Jhonson [PM Inggris], negara berkembang tidak bisa selesaikan [tanpa bantuan] dan mereka tampaknya sudah mau [bantu] dari janji tiap tahun USD100 miliar untuk seluruh dunia. [Tapi] jangan hanya berikan bayangan angka, tapi duit tidak nongol,” kata Jokowi lagi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya