SOLOPOS.COM - Pimpinan Ponpes Budi Utomo Solo, Muhammad Thoyibun, saat diwawancarai wartawan di sela kegiatan peletakan bata pertama pembangunan gedung SMA Budi Utomo, Kamis (16/6/2022). (Solopos/Kurniawan)

Solopos.com, SOLO — Sebelum Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka, Presiden Jokowi ternyata juga pernah didoakan oleh tokoh Pemimpin Pondok Pesantren atau Ponpes Budi Utomo, Solo, Muhammad Thoyibun.

Joko Widodo didoakan menjadi gubernur dan Presiden saat berkunjung ke ponpes tersebut bertahun-tahun lalu. Tak hanya itu, sejumlah tokoh pejabat di tingkat lokal Soloraya maupun nasional juga banyak yang mendatangi Thoyibun lalu didoakan olehnya dan berhasil.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Saat berbincang dengan wartawan di sela peletakan bata pertama pembangunan gedung SMA Budi Utomo di Banjarsari, Solo, Kamis (16/6/2022), Thoyibun mengungkapkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ia doakan menjadi gubernur dan Presiden saat masih menjadi Wali Kota Solo.

Ketika Jokowi menghadiri undangan peresmian lapangan tenis di ponpesnya, tokoh pemimpin ponpes itu mendoakannya agar tidak hanya menjadi Wali Kota Solo, tapi bisa menjadi Gubernur dan Presiden RI.

Doa itu kini terkabul menilik perjalanan Jokowi yang pernah menjadi Gubernur DKI Jakarta dan kini menjadi Presiden. “Maaf, dulu waktu Pak Wali Kota [Jokowi] meresmikan lapangan tenis, di sana saya juga berdoa begitu [jadi Presiden], ternyata betul,” ungkapnya.

Baca Juga: Ke Pesantren di Solo, Gibran Didoakan Jadi Presiden Seperti Ayahnya

Selain Jokowi ada beberapa nama yang pernah didoakan Thoyibun agar kariernya berhasil. Seperti mantan Bupati Sukoharjo Wardoyo Wijaya, dan eks Bupati Karanganyar Rina Iriani. Yang terbaru ada nama Zulkifli Hasan yang baru saja dilantik menjadi Menteri Perdagangan (Mendag).

Kesuksesan Karier

“Kemarin yang dari PAN ke sini saya doakan alhamdulillah jadi Menteri Perdagangan. Pak Wardoyo, Bu Rina Bupati Karanganyar, saya doakan juga jadi. Pak Jokowi waktu meresmikan lapangan tenis saya doakan tak hanya jadi Wali Kota tapi jadi Gubernur dan Presiden,” urainya.

Menurut pimpinan Ponpes Budi Utomo itu, masih ada beberapa tokoh yang berasal dari Solo atau pernah bertugas di kota ini yang pernah dia doakan dan kini berhasil meraih kesuksesan karier di tingkat nasional. “Alhamdulillah yang dari sini [Solo], saya doakan, jadi semua,” sambungnya.

Baca Juga: Ditanya Bakal Nyalon di Pilgub DKI Jakarta, Gibran: Masih Jauh

Pada Kamis (16/6/2022), Thoyibun mendoakan Wali Kota Solo saat ini, Gibran Rakabuming Raka, agar juga bisa menjadi Gubernur dan Presiden seperti ayahnya, Jokowi. Doa itu ia sampaikan saat memberikan sambutan kegiatan peletakan bata pertama pembangunan gedung SMA Budi Utomo di Banjarsari yang dihadiri Gibran.

Thoyibun melihat Gibran adalah sosok anak muda yang punya wawasan luas. Hal itu menurutnya tidak lepas dari latar belakang pendidikan Gibran di luar negeri. Tapi dia melihat terkadang Gibran belum tune in dengan masyarakat bawah karena keluasan wawasannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya