SOLOPOS.COM - Presiden Joko Widodo atau Jokowi bakal mereshuffle Kabinet Indonesia Maju pada Rabu (15/6/2022). (Solopos Dok.)

Solopos.com, JAKARTA–Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan Program Kartu Prakerja tetap berlanjut meski dirinya tak lagi menjadi presiden.

Diketahui, jabatan Presiden Jokowi akan berakhir pada 2024.

Promosi Kinerja Positif, Telkom Raup Pendapatan Konsolidasi Rp149,2 Triliun pada 2023

“[Program Kartu Prakerja] terus [dilanjutkan], ini akan dilanjutkan, akan diteruskan termasuk tahun depan,” katanya kepada wartawan seusai acara Silaturahmi dengan Alumni Penerima Kartu Prakerja Jumat (17/6/2022).

Jokowi mengatakan program semi bansos tersebut memberikan manfaat yang luar biasa bagi para penerimanya, tercermin dari survei BPS bahwa 88,9% dari peserta Kartu Prakerja mengaku mendapat manfaat dengan keterampilan yang meningkat.

Untuk 2023 pun, pemerintah telah menetapkan anggaran untuk Program Kartu Prakerja tersebut.

Baca Juga: Kartu Prakerja Senilai Rp298,85 Miliar Dinilai Tak Tepat Sasaran

Namun, Jokowi belum menyebutkan secara detail jumlah anggaran yang disiapkan.

“Yang paling penting sekarang dievaluasi dulu, ada koreksi-koreksi, mengenai anggaran disesuaikan APBN yang ada,” imbuh jokowi.

Adapun, pemerintah mencatat program ini telah menjangkau 12,8 juta peserta yang tersebar di 514 kabupaten/kota se-Indonesia.

Program ini pun disebut bersifat inklusif karena dapat menjangkau sebanyak 3,3% penyandang disabilitas, 14% penerima yang belum tamat atau lulusan SD, 56% tinggal di desa, sebanyak 49% perempuan, serta 90% dari penerima program tidak memiliki pekerjaan saat mendaftar.

Selain itu, tercatat sebanyak 93% peserta program memilih menggunakan e-money, dan sebanyak 28% peserta baru mengenal rekening bank atau e-money melalui Program Kartu Prakerja.

Baca Juga: Kartu Prakerja Tak Tepat Sasaran, Kemenko Perekonomian Beri Jawaban

Penggunaan insentif tersebut didominasi untuk keperluan sehari-hari, seperti membeli makanan, membayar tagihan, dan menambah modal untuk usaha kecil.

Oleh karena itu, Program Kartu Prakerja dinilai efektif dalam melindungi masyarakat, tidak hanya dari dampak pandemi Covid-19, namun juga turut meningkatkan pengetahuan dan kewirausahaan.

Berita telah tayang di Bisnis.com berjudul Jokowi Pastikan Program Kartu Prakerja Lanjut, Meski Tak Lagi Jadi Presiden

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya