SOLOPOS.COM - Jokowi (Dok/JIBI/SOLOPOS)

Jokowi (Dok/JIBI/SOLOPOS)

SOLO—Beberapa lembaga survei belum lama ini menempatkan Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo (Jokowi) menjadi capres maupun cawapres terpopuler. Bagaimana komentar warga Solo?

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Sejumlah warga Solo merasa  mantan Walikota Solo, Joko Widodo patut untuk menjadi seorang presiden. Mereka menilai Jokowi merupakan figur seorang pemimpin yang mampu mengayomi dan dekat dengan rakyat tampaknya menjadi figur yang diidolakan oleh masyarakat.

Hal tersebut dikarenakan sosok pemimpin yang saat ini terkesan elit dan flamboyan dirasa masyarakat tidak mampu memberikan kesejahteraan pada rakyat kecil.

Salah seorang staf Puskesmas Banyuanyar, Agus Setyawan, 4o, setuju jika Jokowi menjadi cawapres. Ia menilai Jokowi merupakan sosok pemimpin yang baik, disiplin, amanah dan bisa menjadi soerang figur yang patut dicontoh.

“Bagus, saya setuju. Pak Jokowi adalah seororang yang dekat dengan rakyat, mampu mengatur bawahannya dengan baik, perhatian terhadap masyarakat, tegas, disiplin, dan low profile. Tidak hanya menjadi figur seorang pemimpin namun juga figur sebagai seorang PNS. Pak Jokowi beda dengan yang lain,” ujar Agus ketika ditemui Solopos.com di Balai Kota, Jumat (22/2/2013).

Menurutnya, Jokowi dekat dengan rakyat.  “Kalau yang sebelum-sebelumnya kan dari militer namun sama saja, pengennya si yang beda, dan saya berharap pada Pak Jokowi,” harap Agus.

Salah seorang petugas parker di kawasan Mangkunegaran Solo, Maryadi, 45, juga menyetujui Jokowi nyapres. “Pak Jokowi adalah orang yang jujur, bersih, trasparan, dan berjiwa sosial tinggi. Ketika kepemimpinannya pun birokrasi menjadi bersih. Kota Solo tidak hanya dikenal di nasional bahkan internasional. Kalau jadi presiden rakyat bakal maju, dia tidak bakal korupsi dan bersih,” ujar Maryadi.

Senada dengan Maryadi, pengemudi becak, Tugimin, 50, merasakan ketika Solo dipimpin oleh Jokowi Solo menjadi kota yang tenteram dan merasa nyaman.

“Dulu ketika Pak Jokowi memimpin di Solo bagus, saya merasa nyaman, adem ayem. Tidak hanya itu beliau adalah seorang yang ramah dan halus. Kalau jadi presiden Indonesia bakal tentrem,” ungkap Tugimin.

Jokowi merupakan  seorang yang dikenal dekat dengan rakyat dan seorang yang low profile. Seperti yang diungkapkan oleh seorang pedagang di Pasar Nongko, Eem, 52. Menurutnya, Jokowi berkunjung ke pasar tidak bermewah-mewah.

“Pak Jokowi adalah orang yang sederhana, ketika berkunjung kesini (Pasar Nongko) ia hanya pakai sepeda onthel, gak mewah-mewah,” ujar ibu Eem.

Selain itu figur seorang Jokowi juga dikenal sebagai orang yang selalu menepati janjinya dan suka mengayomi rakyat kecil seperti diungkapkan salah satu PKL di sekitar Solo Grad Mall, Suranti (48).

“Dia adalah seorang yang baik, enak, suka mengayomi kami (PKL). Gerobak, payung, kursi, dan tempat sampah yang ada disini adalah pemberian dari (kebijakan) pak Jokowi,” ungkap PKL yang berjualan nasi soto tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya