Tutup
Scroll untuk melanjutkan membaca

Jokowi Disebut Presiden Kedua yang Datang ke Baubau, Pertama Soeharto pada 1990

Presiden Joko Wiidodo disebut-sebut sebagai presiden kedua yang pernah menginjakkan kaki ke Kota Baubau Sulawesi Tenggara.
SHARE
Jokowi Disebut Presiden Kedua yang Datang ke Baubau, Pertama Soeharto pada 1990
SOLOPOS.COM - Presiden Jokowi berjat tangan dengan kerabat Keraton Kesultanan Buton seusai upacara pemberian gelar kehormatan, Selasa (27/9/2022). (Istimewa/Biro Pers Setpres/Laily Rachev)

Solopos.com, BAUBAU — Presiden Joko Widodo disebut-sebut sebagai presiden kedua yang pernah menginjakkan kaki ke Kota Baubau Sulawesi Tenggara.

Sebelum Presiden Jokowi ada Presiden Soeharto yang pernah berkunjung ke Kota Baubau. Pernyataan itu disampaikan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Baubau, La Ode Darusalam.

PromosiTokopedia Card Jadi Kartu Kredit Terbaik Versi The Asian Banker Awards 2022

“Sangat bangga dikunjungi orang nomor satu di Indonesia karena terakhir dikunjungi pada tahun 1990 oleh Presiden Soeharto waktu itu. Jadi sudah 32 tahun yang lalu,” katanya, Senin (26/9/2022).

Oleh karena itu, dia menyampaikan kedatangan Presiden Joko Widodo beserta rombongan di daerah Kepulauan Buton itu menjadi suatu kebanggaan dan kehormatan bagi masyarakat di daerah yang mempunyai julukan Negeri Seribu Benteng.

“Pemerintah Kota Baubau dalam hal ini Wali Kota Baubau, Ketua Tim Penggerak PKK, Ketua DPRD, Sekda dan seluruh masyarakat Kota Baubau sangat bangga, sangat mendapatkan kehormatan yang sangat luar biasa dengan kehadiran Bapak Presiden Republik Indonesia,” ujar dia.

Baca Juga : Kunjungan Kerja Kota Baubau: Ribuan Warga Rela Berdesakan Demi Lihat Presiden

Dia mengatakan mendapat informasi pada Jumat (23/9/2022) bahwa Presiden Jokowi akan mengunjungi Kota Baubau. Oleh karena itu semua pihak melakukan segala persiapan mulai rapat internal pemerintah kota di bawah pimpinan Wali Kota Baubau La Ode Ahmad Monianse.

Selanjutnya, rapat bersama DPRD dan rapat koordinasi wilayah pada Minggu (25/9/2022) malam bersama seluruh pemangku kepentingan. “Iya ini baru kali pertama [Presiden Joko Widodo ke Baubau]. Jelas ini menjadi rahmat, kebanggaan masyarakat di Kota Baubau yang dihadiri oleh presiden. Walaupun tanpa persiapan, informasinya begitu cepat,” tuturnya.

Ia menyebut rangkaian kunjungan Presiden ke Baubau pada Selasa (27/9/2022). Presiden menerima anugerah gelar adat dan budaya dengan gelar La Ode Joko Widodo Lakina Bhawaangi Yi Nusantara dari Sultan Buton ke-40.

Kemudian Presiden berkunjung ke Pasar Tradisional Wameo. Presiden menyerahkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Bahan Bakar Minyak (BBM) dan Bantuan Subsidi Upah (BSU) kepada warga penerima di Kantor PT Pos Indonesia Cabang Baubau.

“Setelah itu beliau [Presiden Jokowi] ke Pasar Wajo Kabupaten Buton, baru kembali ke Baubau untuk makan siang di Rumah Makan Lakeba. Setelah itu baru ke Buton Selatan,” jelasnya.

Baca Juga : Jokowi Resmikan Tol Cibitung-Cilincing dan Serpong-Balaraja Seksi 1

Presiden bersama rombongan mendarat di Bandara Betoambari Baubau sekitar pukul 16.30 WITA. Presiden disambut Wali Kota Baubau, La Ode Ahmad Monianse.

Penyambutan warga terhadap orang nomor satu di Tanah Air ini dilakukan anak-anak hingga orang dewasa. Warga di kota tersebut rela berdiri berpanas-panasan demi ingin melihat orang nomor satu di negeri ini mengunjungi daerah yang memiliki benteng terpanjang di dunia itu.

Salah seorang warga Baubau, Apri, 37, mengaku sangat senang dengan kehadiran Joko Widodo. “Saya senang, bangga dan terharu karena Bapak Presiden datang di kota kami mungkin untuk melihat dari dekat sekaligus adanya agenda kegiatan,” ujarnya.



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
      Promo & Events
      Berita Terkini
      Indeks Berita
      Part of Solopos.com
      Punya akun? Silahkan login
      Daftar sekarang...
      Support - FaQ
      Privacy Policy
      Tentang Kami
      Kontak Kami
      Night Mode