SOLOPOS.COM - Presiden Joko Widodo menyirami pohon kelapa genjah yang ditanamnya di lahan pertanian Giriroto, Ngemplak, Boyolali, Jawa Tengah, Kamis (11/8/2022).(Antara/Aloysius Jarot Nugroho)

Solopos.com, JAKARTA–Presiden Joko Widodo alias Jokowi mengawali kunjungan kerjanya di Provinsi Maluku Utara dengan mengunjungi Kedaton Sultan Ternate, Kota Ternate, Rabu (28/9/2022). Di tempat tersebut, Jokowi menghadiri prosesi penganugerahan gelar adat Kesultanan Ternate.

Setibanya di Kedaton Sultan Ternate, Presiden yang mengenakan pakaian kebesaran Roke berwarna hitam, disambut langsung oleh Sultan Ternate ke-49, Hidayatullah Sjah.  Setelah itu, Sultan Ternate ke-49, Hidayatullah Sjah, turut memasangkan Presiden mahkota adat Lastar Ngare dan menganugerahi gelar Dada Madopo Malomo yang memiliki arti pemimpin besar.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Arti dari gelarnya itu sendiri adalah seorang pemimpin besar atau pemimpin sebuah negara besar yang mana dalam memimpin negara besar itu, kearifan dan bijaksananya seorang pemimpin itu lebih dikedepankan,” tutur Hidayatullah, dikutip melalui rilis Setpres, Rabu (28/9/2022).

Baca Juga AirAsia Ride Segera Mengaspal di Indonesia

Hidayatullah menjelaskan bahwa sebelumnya Presiden Joko Widodo juga telah dinobatkan sebagai Pangeran Kesultanan Ternate dengan gelar Kaitjil. “Beliau Yang Mulia Presiden Republik Indonesia juga dinobatkan sebagai Pangeran Kesultanan Ternate dengan gelar Kaitjil. Kaitjil itu pangeran atau garis kesatu dari Sultan Ternate,” katanya.

Turut hadir dari prosesi penganugerahan yakni Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah, Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, dan Gubernur Maluku Utara Abdul Ghani Kasuba.

 

Berita ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul Jokowi Dapat Gelar Dada Madopo Malomo dari Kesultanan Ternate

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya