SOLOPOS.COM - Mantan Wali Kota Solo yang kini Gubernur DKI Jakarta nonaktif karena mencalonkan diri sebagai presiden Joko Widodo mengenakan peci Gus Dur yang dihadiahkan Shinta Nuriyah Abdurrahman Wahid. (JIBI/Solopos/Antara)

Solopos.com, JAKARTA — Pengamat politik dari Universitas Lampung Arizka Wargenegara menilai para ketua umum dari partai politik berbasis Islam berpeluang berpasangan sebagai calon wakil presiden (cawapres) dengan Joko Widodo (Jokowi) selaku calon presiden (capres) dari PDI Perjuangan pada Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2014.

“PDI Perjuangan partai politik berpijakan nasionalis sehingga akan terjadi keseimbangan jika berkoalisi dengan partai politik berpijakan religius, yakni Islam,” kata Warganegara, dalam pembicaraan melalui saluran telepon dengan Kantor Berita Antara, Minggu (16/3/2014).

Promosi Tanggap Bencana Banjir, BRI Peduli Beri Bantuan bagi Warga Terdampak di Demak

Sampai kini belum ditentukan calon pendamping Jokowi ke kursi kepresidenan nanti. Menurut dia, jika PDI Perjuangan menggandeng partai berbasis Islam atau koalisi partai-partai berbasis Islam maka dukungan dari rakyat Indonesia akan semakin signifikan dan merata di seluruh Indonesia.

Warganegara memperkirakan dua skenario yang akan ditempuh PDI Perjuangan dalam menghadapi pemungutan suara Pilpres, 9 Juli 2014 mendatang. Pertama, jika PDI Perjuangan mampu meraih perolehan suara lebih dari 20% pada pemilu anggota legislatif, PDI Perjuangan akan mengusung sendiri calon presiden dan calon wakil presidennya.

Skenario kedua, lanjut dia, jika perolehan suara minimal 20% sesuai dengan persyaratan aturan perundangan untuk mengusung pasangan calon presiden dan calon wakil presiden tak mampu diraih, maka PDI Perjuangan bakal berkoalisi dengan partai politik lain. Pada kondisi itulah partai-partai politik berbasis Islam berpeluang memanfaatkan kesempatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya