SOLOPOS.COM - Mantan wali kota Solo yang kini Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo dan calon presiden PDI Perjuangan untuk Pilpres 2014. (Dwi Prasetya/JIBI/Bisnis)

Solopos.com, JAKARTA — Karakter kader Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan Joko Widodo yang melayani rakyat diyakini peneliti senior Founding Fathers House Dian Permata mampu mendorong partai berlambang banteng moncong putih itu masuk dalam posisi 5 besar perolehan suara pada Pemilu 2014.

“Banyak rakyat menyebutkan mempertimbangkan memilih PDIP karena Jokowi [panggilan akrab mantan Wali Kota Solo yang kini Gubernur DKI Jakartaitu],” kata Dian di Jakarta, Minggu (20/10/2013).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Menurut Dian, keberadaan seorang tokoh dalam partai politik sangat penting. Jokowi, ujarnya, adalah figur yang mampu memengaruhi pilihan rakyat pada Pemilu 2014.

Ekspedisi Mudik 2024

Dian secara acak menyebutkan enam partai politik yang berpeluang meraup lima besar suara pada Pemilu 2014, yaitu PDIP, Partai Golonngan Karya, Partai Gerakan Indonesia Raya, Partai Demokrat, Partai Nasional Demokrat, dan Partai Hati Nurani Rakyat. “Mereka telah melewati ambang batas elektabilitas, salah satunya dengan menawarkan program-program ekonomi. Program yang menyentuh langsung ke persoalan rakyat, seperti pemberdayaan petani,” ujarnya menambahkan.

Sementara, itu peneliti senior pada Pusat Islam dan Kenegaraan Universitas Paramadina Herdi Sahrasad menilai Jokowi selain dapat mendorong perolehan suara PDIP juga berpeluang menjadi calon presiden, sebab Gubernur DKI tersebut dianggap sosok yang diinginkan masyarakat selama ini. “Jokowi figur yang melayani masyarakat, sangat berani, tidak meragukan kepercayaan masyarakat dan ia berbuat, bukan hanya berbicara. Itu persepsi publik yang sulit dibantah,” ujarnya.

Selain itu, Herdi mengakui upaya pencitraan Jokowi dengan kerap melakukan blusukan punya andil besar menciptakan persepsi baik masyarakat terhadap figur tersebut.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya