SOLOPOS.COM - Mantan wali kota Solo yang kini dicalonkan sebagai presiden oleh PDIP, Joko Widodo alias Jokowi (JIBI/Solopos/Dok)

Solopos.com, JAKARTA — Aktivitas Gubernur DKI Jakarta yang juga capres dari PDIP, Joko Widodo alias Jokowi, akhir-akhir ini sibuk luar biasa. Dia pun harus bekerja dari sejak pagi hari hingga larut malam mengurusi Jakarta sekaligus partainya.

Dari pantauan Bisnis, dari Senin (14/4/2014) pagi hingga malam, pria asal Solo itu harus menaklukkan rasa lelah. Mengawali hari dengan pergi ke kantor Balai Kota Jakarta pukul 08.00 WIB, Jokowi bertemu dengan bawahannya untuk membahas Jakarta.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Pukul 11.00 WIB dia keluar kantor untuk blusukan, menghadiri peresmian penataan ulang food court Blok G Tanah Abang. Penataan ulang food court itu dilakukan PD Pasar Jaya dengan bantuan sumbangan empat bank, yakni Bank Indonesia, Bank DKI, BCA, dan BRI senilai Rp1,2 miliar.

Sekitar sejam kemudian, Jokowi menuju kantor Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PB NU) di Jl. Kramat Raya Jakarta Pusat. Bertemu sejumlah Ketua PB NU, Jokowi membahas sengketa tanah dan rencana Munas PB NU 9-11 Mei 2014. Kedua belah pihak menolak pertemuan itu dikaitkan dengan politik. Saat ini, PDIP sebagai pengusung Jokowi sedang menjajaki koalisi parpol, salah satunya Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang berbasis massa NU.

Sekitar pukul 14.00 WIB, Jokowi kembali ke Balai Kota Jakarta untuk melakukan sejumlah aktivitas di ruangannya. Dua jam kemudian, dia keluar dari ruangan menemui wartawan. Tapi kali ini Jokowi menolak untuk diwawancarai dan akhirnya kembali masuk ke ruangannya.

Setelah ditunggu hampir setengah jam, Jokowi tidak menunjukkan batang hidungnya. Usut punya usut, Jokowi lewat pintu keluar yang lain. Jokowi meninggalkan Balai Kota menggunakan mobil sewaan Toyota Innova warna putih B 1567 PRA menuju rumah Megawati Soekarnoputri di Jl. Teuku Umar Menteng.

Sementara mobil dinas Toyota Innova B 1124 BH yang biasa digunakan untuk blusukan ditinggal di Balai Kota. Jokowi sampai di rumah Megawati sekitar pukul 16.30 WIB guna menyambut tamu istimewa mantan Perdana Menteri Malaysia, Mahathir Mohamad.

Beberapa elit PDIP yakni Megawati, Ketua Badan Pemenangan Pemilu Puan Maharani, Wasekjen PDIP Hasto Kritiyanto, kader PDIP Rieke Dyah Pitaloka, dan beberapa kader lainnya berkumpul. Mahathir tiba di lokasi pukul 17.10 WIB dan melakukan pertemuan sekitar 35 menit.

Mahathir yang merupakan sahabat Megawati bersilaturahmi dan berdiskusi tentang kemenangan PDIP dalam pemilu legislatif. Sedikit juga mengobrol tentang politik internasional. Sebelum meninggalkan rumah Megawati, di dalam mobilnya, Mahathir mendoakan Jokowi sukses dalam kompetisi Pilpres mendatang. “Masih terlalu awal, tapi saya berdoa Pak Jokowi menang,” katanya.

Usai pertemuan itu, elit PDIP bubar masing-masing. Jokowi paling awal pergi meninggalkan Teuku Umar. Dia bilang pulang ke rumah dinas Gubernur DKI Jakarta Jl. Taman Suropati No.7. Wartawan dipersilakan keluar dari pekarangan rumah. Jokowi pergi disusul sejumlah elit PDIP lain.

Tapi sekitar pukul 19.00 WIB, mobil putih Jokowi kembali ke Teuku Umar dan dipacu kencang. Di belakangnya ada mobil yang mengikuti. Salah satunya mobil Toyota Land Cruiser pengawal Megawati Soekarnoputri.

Ternyata masih dini para politisi itu untuk istirahat di rumah masing-masing. Mereka masih punya agenda berkaitan dengan politik. Megawati dan Jokowi pergi di bilangan Permata Hijau untuk bertemu beberapa Duta Besar, salah satunya Dubes Amerika Serikat. Hal itu dibenarkan oleh Sekjen PDIP Tjahjo Kumolo bahwa pertemuan itu hanya sekedar makan malam saja.

Jokowi mengatakan pertemuan dengan para dubes adalah untuk memperluas wawasan internasional. Meskipun dia sudah 24 tahun berkecimpung dengan dunia ekspor, namun pertemuan dengan para elit negara sahabat sangat penting. Semua aktivitas siang hingga malam itu, Jokowi pulang ke rumah dinas menjelang tengah malam. Keesokan harinya pukul 08.00 akan memulai harinya lagi sebagai Gubernur, dan setelah jam kerja akan mengabdi untuk partai politik lagi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya