SOLOPOS.COM - Sejumlah karyawan BUM Desa Tirta Mandiri Ponggok menguras Umbul Ponggok di Kecamatan Polanharjo, Rabu (18/1/2017). (Ponco Suseno/JIBI/Solopos)

Solopos.com, KLATEN -- Objek wisata populer di Klaten, Umbul Ponggok, bakal bisa dijangkau dengan mudah dari Jogja. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif tengah menyiapkan sarana transportasi khusus pariwisata Jogja dengan Klaten.

Rute angkutan khusus itu berawal dari Stasiun Tugu Jogja dan berakhir di Umbul Ponggok, Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Klaten.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Direktur Destinasi Pariwisata Otoritas Borobudur Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Agustin Peranginangin, menyampaikan hal tersebut saat ditemui wartawan seusai peresmian objek wisata Bukit Sidoguro, Desa Krakitan, Bayat, Klaten, Minggu (29/12/2019).

“Kami akan menyambungkan antara Jogja dengan Klaten pada 2020. Jadi pemerintah menyediakan rute angkutan pariwisata dari Stasiun Tugu ke Umbul Ponggok,” kata Agustin.

Sarana transportasi berupa bus bakal disediakan oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Rute transportasi pariwisata yakni Stasiun Tugu-Tebing Breksi-Candi Prambanan-Umbul Ponggok.

Potensi Macet di Simpang Joglo Solo, Wacana Overpass Sulit Terealisasi

Agustin menuturkan rute transportasi pariwisata menyambungkan Jogja dengan Klaten itu dilakukan untuk mempermudah akses menuju objek wisata. Wisatawan tak perlu berganti sarana transportasi lantaran ada bus khusus yang melintasi daerah wisata.

Soal pemilihan Ponggok sebagai titik akhir rute transportasi pariwisata, Agustin mengatakan objek wisata air tersebut dinilai sudah maju dan banyak diminati wisatawan dari berbagai daerah.

“Ponggok sudah maju. Daripada harus menyambung transportasi dari Jogja menuju Ponggok dan itu membuang waktu, lebih baik ada satu sarana transportasi yang langsung menuju ke objek wisata itu,” jelas dia.

Agustin menjelaskan untuk sementara rute transportasi khusus wisata menuju Ponggok baru dari wilayah Jogja. Soal transportasi dari Solo, Agustin mengatakan pada 2020 pemerintah baru menyiapkan rute transportasi dari solo menuju Museum Sangiran, Sragen.

Ada Pohon Natal di Masjid Gedhe Kauman Keraton Jogja? Cek Faktanya!

“Dari Solo ke Sangiran ada transportasi semacam trans. Juli akan dimulai dari Jawa Tengah,” kata dia.

Sekretaris Dinas Perhubungan (Dishub) Klaten, Sudiyarsono, mengatakan belum menerima informasi soal rencana rute transportasi wisata dari Jogja yang menyambung hingga Ponggok. Hanya, dia mengaku pernah mengusulkan ada transportasi wisata yang menyambung dari Jogja hingga wilayah Klaten.

“Dulu kami dapat informasi ada transportasi yang menyambung dari Candi Borobudur ke Candi Prambanan. Kami mengusulkan kalau bisa masuk ke wisata di Klaten seperti OMAC, Janti, atau Ponggok,” tutur dia kepada Solopos.com, Senin (30/12/2019).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya