SOLOPOS.COM - Sejumlah kendaraan terpantau memadati perbatasan Prambanan, Selasa (3/5/2022). (Harian Jogja/Lugas Subarkah)

Solopos.com, SLEMAN — Polisi sempat mengarahkan pengendara yang melintas di Jl. Solo-Jogja, tepatnya di kawasan Prambanan agar melewati jalur alternatif karena arus lalu lintas padat pada hari kedua Lebaran, Selasa (3/5/2022) siang.

Kapolsek Prambanan, Kompol Robiyanto, menjelaskan kepadatan lalu lintas di perbatasan Prambanan baru terlihat pada hari kedua Lebaran.

Promosi Piala Dunia 2026 dan Memori Indah Hindia Belanda

“Kemarin [sebelum Lebaran dan hari H lebaran] sangat lancar, enggak ada penumpukan. Sekali tarik lampu APPIL [Alat Pemberi Isyarat Lalu Lintas] habis,” katanya.

Peningkatan arus lalu lintas mulai terjadi Selasa pukul 11.00 WIB. Pantauan Harian Jogja hingga pukul 13.00 WIB, lalu lintas masih terlihat cukup padat.

Ekspedisi Mudik 2024

Meski demikian, ia mengaku kepadatan arus lalu lintas masih bisa terurai dengan pengaturan petugas.

Baca Juga : 3,9 Juta Pemudik Padati Yogyakarta, Polda: Manfaatkan Transportasi Umum

“Sudah terantisipasi karena personel sudah kami tempatkan di simpul-simpul, baik yang arah Klaten maupun arah Jogja. Jadi walaupun macet, roda kendaraan masih berputar. Tapi itu sebentar-sebentar saja, paling 10 menit lalu landai lagi,” ungkapnya.

Selain itu, petugas berupaya mengurai kepadatan arus lalu lintas dengan mengalihkan kendaraan melalui jalur alternatif.

Untuk arus lalu lintas dari Jogja ke Klaten, diarahkan melalui simpang proliman ke utara atau mengitari Candi Prambanan lalu ke utara tembus sampai Tulung.

Arus dari Klaten ke Jogja diatur oleh Polres Klaten melalui jalur alternatif Mitra 11 ke arah utara.

Baca Juga : Taman Sari dan Wisata Keraton Jogja Tutup, Catat Tanggalnya

Agar jalur alternarif tetap kondusif, Polsek Prambanan juga berkoordinasi dengan Polres Klaten yang juga menempatkan sejumlah personel di wilayah perbatasan.

Kendaraan yang keluar dan masuk DIY masih didominasi kendaraan pribadi, seperti mobil dan motor. Sejumlah bus tampak melintas tetapi belum banyak.

“Dari pelat nomor hari ini sudah banyak yang dari luar kota. Non-AB dan AD,” ungkapnya.

Menurutnya, peningkatan arus lalu lintas ini didominasi masyarakat yang menuju objek wisata. Hal ini terlihat dari beberapa destinasi wisata termasuk Candi Prambanan mulai ramai. “Ke Candi. Kemarin sudah mulai ramai. Hari ini juga.”

Berita ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judul Perbatasan Prambanan Semakin Padat, Lalu Lintas Dialihkan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya