SOLOPOS.COM - Warga berjalan-jalan Jl Slamet Riyadi Solo saat mulai ditutup pada Jumat (9/7/2021) sore. (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO — Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Solo akan menutup Jl Slamet Riyadi mulai pukul 00.00 WIB hingga pukul 05.00 WIB, Sabtu (1/1/2022). Penutupan jalan itu untuk mencegah kerumunan warga yang ingin merayakan malam pergantian tahun.

Apalagi momen tahun baru bertepatan juga dengan euforia kemenganan Persis Solo lolos ke Liga 1. Kepala Bidang Lalu Lintas Dishub Kota Solo, Ari Wibowo, Jumat (31/12/2021), mengatakan Manajemen Rekayasa Lalu Lintas (MRLL) tersebut dibuat berdasarkan arahan Menteri Perhubungan dan Kapolda.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Pelaksanaannya dilakukan oleh kepolisian dan Dishub Solo. Pada jam penutupan, hanya kendaraan khusus yang boleh melintas. Di antaranya pemadam kebakaran, ambulans, iring-iringan mobil jenazah, kendaraan TNI-Polri, kendaraan Satgas Covid-19, kendaraan nakes Covid-19, Satgas PPKM, dan konvoi tertentu yang dianggap penting.

Baca Juga: Sudah 3 Pekan Masyarakat Solo Dipaksa Beli Sembako Mahal

Selain penutupan Jl Slamet Riyadi Solo, Ari dan tim juga memantau kepadatan arus lalu lintas melalui CC Room Dishub selama 24 jam. Mereka bakal melakukan intervensi traffic light dan upaya lainnya kalau ada kemacetan.

Selanjutnya, tim Dishub Solo juga menerjunkan 15 personel untuk memantau situasi di Jl Slamet Riyadi dan lokasi lainnya. Mereka bergabung dengan tim patroli kota dari Polresta Solo.

Tidak Ada Pesta

Sebelumnya, Wakil Wali Kota Solo Teguh Prakosa melarang adanya perayaan Malam Tahun Baru. Perayaan yang dimaksud baik berupa pesta, kembang api, maupun konvoi. Hal itu mengingat masih dalam kondisi pandemi Covid-19.

“Tidak ada pesta kecuali di rumah dengan keluarga. Apalagi kita sedang berada di masa transisi [Covid-19] ya. Harapannya enggak akan ada penambahan Covid-19, ” tegasnya, Jumat.

Baca Juga: Malam Tahun Baru, 100 Petugas Kebersihan Dikerahkan Keliling Kota Solo

Terlebih, pergantian tahun baru kali ini bertepatan dengan euforia kemenangan Persis Solo di Liga 1, Kamis (30/12/2021). Konvoi atas kemenangan tersebut telah dilakukan para suporter sejak Kamis (30/12/2021) malam hingga Jumat (31/12/2021) dini hari.

Sejumlah ruas jalan Kota Solo dipenuhi iring-iringan suporter Laskar Sambernyawa. Konvoi kembali terjadi pada Jumat siang mulai dari Bandara Adi Soemarmo menuju mes Persis Solo di De Solo Boutique Hotel, Sriwedari.

Seribuan supporter melakukan konvoi mengiringi tim kesayangan mereka yang tiba Jumat siang. Kepolisian menghalau ribuan supoter tersebut di sejumlah titik. Salah satunya Perempatan Gendengan. Tujuannya memecah massa agar tak menumpuk De Solo Boutique Hotel.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya