SOLOPOS.COM - Kondisi ujung utara Jl Prof dr Soeharso dekat simpang Fajar Indah, Jajar, Laweyan, Solo, yang tengah diperbaiki, Senin (14/3/2022). (Solopos/Siti Nur Azizah)

Solopos.com, SOLO — Jalan berlubang di ujung utara Jl Prof dr Soeharso dekat simpang Fajar Indah, Jajar, Laweyan, Solo, saat ini tengah diperbaik dan diperkirakan baru selesai pada Rabu (23/3/2022) mendatang.

Hal itu dengan catatan tidak terganggu cuaca. Direksi Lapangan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Solo, Rofik Dawami, mengatakan hingga pekerjaan selesai tidak diperlukan adanya pengalihan arus lalu lintas.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Hal itu karena jalan yang diperbaiki hanya sepanjang 10 meter dan lebar 7 meter di lajur barat. Sedangkan lajur timur masih bisa dilewati kendaraan.

Baca Juga: Awas Macet! Jangan Lewat Jalan di Simpang Fajar Indah Solo saat Jam Ini

“Kami tidak melebar ke lajur timur karena masih cukup bagus, jadi tidak ada pengalihan arus, hanya pembatasan,” jelasnya saat diwawancarai Solopos.com, Senin (14/3/2022)

Rofik Dawami memperkirakan butuh waktu hingga Rabu (23/3/2022) atau sekitar dua pekan sampai Jl Prof dr Soeharso selesai diperbaiki. “Itu perkiraan awal, tapi mungkin agak mundur karena faktor cuaca hujan yang menghalangi schedule,” katanya.

Anggaran Pemeliharaan

Rofik menjelaskan perbaikan Jl Prof dr Soeharso sifatnya pemeliharaan rutin yang diambilkan anggaran perbaikan dan pemeliharaan senilai total Rp1,6 miliar.

Baca Juga: Pengendara Diarahkan Hindari Simpang Fajar Indah Solo, Ada Apa Ya?

“Jadi Jl Prof Soeharso ini ikutnya pemeliharaan rutin. Pemeliharaan rutin yang dimaksud adalah tambalan-tambalan lubang di sekitarnya. Anggaran pemeliharaan rutin sekitar Rp1,6 miliar bukan hanya Jl Prof Soeharso tapi juga jalan lainnya yang rusak,” ucapnya.

Untuk progres perbaikan Jl Prof dr Soeharso sampai Senin (14/3/2022) masuk masa pengecoran diteruskan dengan lantai beton. “Topnya ditutup aspal,” katanya.

Pembongkaran jalan Prof dr Soeharso Solo dilakukan karena konstruksinya sudah rusak sampai lapisan beton sehingga perlu diperbaiki total. Betonnya sudah pecah sampai terlihat tulang-tulangnya. Perbaikan tidak cukup hanya dengan tambal sulam.

Baca Juga: Jl Prof Suharso Dekat Simpang Fajar Indah Solo Diperbaiki, Awas Macet!

“Mau enggak mau harus dibuka, apalagi kan Solo juga mau mendekati [jadi tuan rumah pertemuan] G20, setidaknya untuk jalur-jalur yang dilewati pun pendekatan kanan kirinya sudah bagus,” katanya.

Intervensi Traffic Light

Kepala Bidang Lalu Lintas Dinas Perhubungan Kota Solo, Ari Wibowo, membenarkan tidak ada pengalihan arus lalu lintas selama pengerjaan perbaikan Jl Prof dr Soeharso. Dishub hanya melakukan intervensi traffic light dari CC Room.

Ari mengakui memang arus lalu lintas terutama dari utara agak tersendat. “Kami punya central control room dengan petugas yang bisa memantau lewat kamera CCTV dan bisa kami kendalikan lama waktu hijau maupun merahnya di simpang tersebut juga,” ucapnya kepada Solopos.com

Baca Juga: Temui Jalan Rusak di Solo? Laporkan ke DPUPR via Lalapan

Karena tidak ada pengalihan arus lalu lintas, Ari mengatakan kendaraan berat seperti bus AKAP, AKPD, dan kendaraan lain tetap bisa melintas di Jl Prof dr Soeharso. Hal itu karena jalur tersebut memang untuk lalu lintas kendaraan berat.

Dishub hanya mengimbau untuk kendaraan pribadi agar mencari jalur alternatif kalau tidak ingin terjebak macet.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya