SOLOPOS.COM - Pekerja mengaspal ulang Jl Surya, Jagalan, Jebres, Solo, dalam proyek peningkatan jalan, Senin (25/7/2022). (Solopos/Gigih Windar Pratama)

Solopos.com, SOLO — Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Solo sudah menyiapkan beberapa alternatif manajemen rekayasa lalu lintas selama Jl Juanda dan Jl Surya, Jebres, diperbaiki. Perbaikan kedua ruas jalan yang berdekatan dan sama-sama vital itu rencananya berlangsung Desember mendatang.

Kendati sudah menyiapkan rekayasa lalu lintas, Dishub masih menunggu cetak biru pengerjaan peningkatan Jl Juanda. Pengerjaan perbaikan dan peningkatan Jl Surya dan Jl Juanda sudah mulai dilakukan pada Senin (25/7/2022).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Dishub juga sudah mengarahkan lalu lintas dengan menutup separuh badan jalan. Nantinya, akan ada rekayasa lalu lintas untuk kendaraan yang mengarah ke Jl Surya selama Jl Juanda, Jebres, Solo, diperbaiki.

Kasi Manajemen Rekayasan Lalu Lintas (MRLL) Dishub Kota Solo, Mudo Priyatno, saat diwawancarai Solopos.com, Senin (25/7/2022), mengatakan sejauh ini rekayasa lalu lintas yang dilakukan adalah menutup separuh badan jalan. Selain itu membuat akses dua jalur di satu lajur.

“Sejauh ini, karena pengerjaan sudah berjalan, kami melakukan rekayasa lalu lintas dengan menutup satu jalur atau separuh badan jalan. Ini berlaku untuk lalu lintas di Jl Surya,” ungkapnya.

Baca Juga: Catat Lur! Perbaikan Jl Juanda dan Jl Surya Jebres Solo Sampai Desember

Jembatan Jonasan

Sedangkan untuk rekayasa lalu lintas di Jl Juanda, Mudo mengatakan masih menunggu kepastian jadwal dari kontraktor. Dishub Solo sejauh ini belum mendapatkan jadwal ataupun metode yang digunakan untuk peningkatan jalan tersebut.

“Jl Juanda kami masih menunggu jadwal sekaligus metode yang digunakan, karena kami belum menerima gambaran dari kontraktor,” ulas Mudo. Jl Juanda dan Jl Surya, Jebres, Solo, diperbaiki dengan meningkatkan tinggi jalan agar ketika naik atau turun Jembatan Jonasan tidak terlalu curam.

Rencananya, proyek peningkatan Jl Juanda membutuhkan waktu hingga Desember 2022, sedangkan Jl Surya diproyeksikan selesai pada Oktober. Kabid Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Solo, Joko Supriyanto, menjelaskan proyek peningkatan Jl Juanda dan Jl Surya sudah mulai berjalan.

Baca Juga: Proyek Peningkatan Jl Juanda Solo Bikin Pelaku Usaha Waswas, Kenapa?

“Pengerjaan ini untuk meningkatkan permukaan jalan di barat Jembatan Jonasan. Tujuannya agar lebih landai dan tidak terlalu curam untuk dilewati pengendara,” ulasnya. Joko menambahkan Jl Juanda, Jebres, Solo, akan diperbaiki sampai Desember, sedangkan Jl Surya diharapkan selesai pada Oktober.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya