SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SOLO – Masa tugas Jusuf Kalla sebagai Wakil Presiden Republik Indonesia segera berakhir. Kabarnya, Jusuf Kalla atau yang akrab disapa JK bakal kembali mengurus bisnis yang telah lama ditinggalkannya.

Pria asal Makassar, Sulawesi Selatan, itu mengaku sangat gembira bakal segera pensiun. Jusuf Kalla ingin kembali mengurus bisnisnya. Dia juga tertarik menjadi pengamat industri otomotif.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Sebagai pribadi, sangat gembira tiga bulan lagi akan melepas jabatan. Rencananya kembali ke dunia lama. Sambil mengamati industri otomotif,” ujar Jusuf Kalla seusai membuka GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 di Tangerang Selatan, Banten, seperti dilansir Suara.com, Kamis (18/7/2019).

Menurut pria berusia 77 tahun itu, industri otomotif sangat menarik dicermati karena perannya yang sangat penting terhadap perekonomian nasional. “Wajar jika kita mendukung industri ini. Macet jalanan karena mobil. Negara miskin tidak ada yang macet. Tetapi, tentu ini seharusnya diatur Kemenhub agar pemakaian kendaraan teratur,” sambung JK.

Jusuf Kalla menilai, industri otomotif Indonesia masih tertinggal ketimbang negara tetangga seperti Thailand. Oleh sebab itu, Indonesia seharusnya punya alternatif lain agar bisa bersaing dengan negara lain. Salah satunya diwujudkan dengan mengembangkan mobil listrik.

Dalam mendukung industri ekspor soal manufacturing, kita masih ketinggalan dengan Thailand. Kita terlambat meski sudah kerja sama dengan ASEAN. Soalnya, industri mobil dinamis dalam hal teknologi, harga, dan lainnya. Isu terbaru banyak yang bicara mobil listrik. Manufacturing atau masyarakat harus siap. Memang butuh waktu dan perkembangan teknologi. Pemerintah akan mendukung,” tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya