SOLOPOS.COM - Ketua Dewan Masjid Indonesia yang juga Ketua Umum Palang Merah Indonesia Jusuf Kalla. (Bisnis-Nancy Junita)

Solopos.com, JAKARTA — Ketua Dewan Masjid Indonesia atau DMI Jusuf Kalla yang akrab disapa dengan inisial JK menyerukan agar 50% dana umat yang terkumpul melalui kotak amal masjid di Indonesia disumbangkan ke Masjid Al-Aqsa di Palestina.

Seruan itu disampaikan mantan wakil presiden yang juga ketua umum Palang Merah Indonesia atau PMI itu saat halal bi halal dengan pengurus wilayah DMI se-Indonesia melalui daring di Kantor DMI Jl. Jenggala, Jumat (21/05/2021). JK mengatakan pengumumpulan hasil kotak amal dilakukan selama sepekan hingga salat Jumat minggu depan.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Kita menghimbau agar Jumat depan 50 persen dana yang terkumpul melalui kotak amal akan disumbangkan untuk Palestina dan Rohingya karena itu merupakan umat Islam yang sedang bermasalah. Saya harapkan ini bisa menjadi gerakan nasional” ujar JK dalam keterangan resmi, Jumat (21/5/2021).

Baca Juga: Viral Setelah Di-endorse Jokowi, Bipang Bukan Jipang!

JK mengungkapkan gerakan masjid menyumbangkan setengah kotak amal tidak akan mengurangi pendapatan masjid. Justru, kata JK, gerakan tersebut akan menaikkan jumlah pendapatan masjid karena animo masyarakat Indonesia menyumbang untuk palestina cukup tinggi.

Apabila pengurus mengumumkan akan mengumpulkan donasi untuk palestina, JK yakin masyarakat akan berbondong bondong memberikan sumbangannya. "Gerakan tersebut justru akan menaikkan pendapatan masjid karena karena hanya 50 persen yang disumbangkan ke Palestina," jelasnya.

Rekening DMI Pusat

Seruan Jusuf Kalla diamini pengurus wilayah DMI. Selanjutnya, program sumbangan 50% kotak amal akan disosialisasikan ke seluruh masjid dengan menyertakan nomor rekening resmi DMI Pusat untuk menampung donasi yang dihimpun dari seluruh masjid di Indonesia.

Pengurus masjid bisa menyumbangkan sebagian kotak amal lewat rekening Solidaritas Al Aqsha Gaza DMI 7500001008/Bank Syariah Indonesia atau rekening Solidaritas Al Aqsha DMI 032901004318300/BRI. Adapun, nomor sekretariat DMI dapat dikontak di 087782043957.

Sebelumnya, DMI juga telah menyampaikan kecaman atas serangan brutal Zionis Israel ke Masjid Aqsha serta serangan membabi buta ke kawasan Gaza. Dalam pernyataan sikap yang dikeluarkan DMI Pusat, Kamis (20/5 lalu), DMI mengutuk keras serangan Israel. DMI mendukung sikap Pemerintahan Republik Indonesia yang tetap setiap memperjuangkan kemerdekaan rakyat Palestina.

KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Solopos

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya