SOLOPOS.COM - ilustrasi (dykai.it)

ilustrasi (dykai.it)

Asma merupakan suatu penyakit yang timbul karena kelainan saluran pernapasan. Penyakit itu bisa disebabkan gangguan emosi, kelelahan jasmani, perubahan cuaca, temperatur, debu, infeksi saluran napas, atau juga faktor makanan dan reaksi alergi.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Penyakit ini juga dapat dikatakan sebagai penyakit turunan. Jika salah satu orangtua memiliki riwayat asma, anaknya kemungkinan juga kena. Jika kedua orangtua memiliki riwayat asma, risiko anak terkena lebih besar,” jelas Marketing toko obat herbal Al Anshor Health, Tirwidzi, saat ditemui Harian Jogja, di Jl. Veteran No6A, Jogja, Selasa (31/1).

Gejala yang sering terjadi di antaranya pilek, bersin, batuk, disertai gatal tenggorokan yang sulit dikendalikan. Terkadang juga penderita sesak napas yang disertai dengan kesulitan waktu mengeluarkan udara ditambah dengan keringat dingin dan denyut nadi meningkat.

Tirwidzi menambahkan, hal lain yang berpotensi memperparah asma adalah penderita yang berolahraga dan beraktivitas terlalu berat. Proses terjadinya serangan asma bermula pada kejang-kejang dan jaringan yang melapisi saluran udara membengkak karena adanya peradangan dan pelepasan lendir ke dalam saluran udara.

Hal ini mengakibatkan diameter saluran udara mengecil sehingga penderita harus berusaha keras bernapas. Tetapi asma juga bisa terjadi pada beberapa orang yang tidak mengalami alergi tertentu.

“Reaksi yang sama terjadi jika orang tersebut berolahraga atau berada dalam cuaca dingin. Selain itu, stres dan kecemasan juga bisa menjadi pemicunya,” jelasnya.

Agar penderita asma bisa bebas dari gejala penyakit yang mengganggu aktivitas hidup sehari-hari ini, maka prioritas pengobatan penyakit asma sejauh ini adalah untuk mengontrol gejala. Tak perlu cemas berlebihan karena jintan hitam sebagai obat herbal tanpa ada efek samping efektif mengobati asma. Herbal ini memiliki banyak kandungan zat gizi, tetapi ada senyawa lain yang juga dapat dikatakan penting untuk proses penyembuhan asma dan alergi yaitu nigellone dan thymoquinone.

Nigellone berguna untuk mencegah terjadinya kejang otot dan melebarkan saluran pernapasan. Zat ini juga bersifat sebagai antihistamin sehingga bisa membantu mengurangi alergi. Sementara itu, thymoquinone berkhasiat menyembuhan radang dan nyeri. Senyawa ini efektif untuk mengeluarkan racun tubuh.

Jintan hitam dapat dikonsumsi dalam bentuk kapsul Nativavit. Kapsul ini dapat dikonsumsi sesuai dengan aturan pakai dengan dosis yang telah disesuaikan. Herbal ini tidak memiliki efek samping dan aman dikonsumsi setiap hari.(WARTAWAN HARIAN JOGJA/Kharisma Ayu Febriana)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya