SOLOPOS.COM - Warga penerima BPNT Tahap II antre mengikuti vaksinasi Covid-19 booster di Kantor Kecamatan Kedawung, Sragen, Sabtu (26/2/2022). (Istimewa/Nugroho Dwi Wibowo)

Solopos.com, JAKARTA — Pemerintah memutuskan masyarakat perantau boleh mudik ke kampung halaman tahun ini namun harus sudah mendapatkan vaksinasi booster Covid-19.

Pemerintah akan memudahkan bagi masyarakat yang akan mengikuti vaksinasi booster. Bagi yang belum booster wajib menjalani tes usap antigen saat akan pulang kampung.

Promosi Siap Layani Arus Balik, Posko Mudik BRImo Hadir di Rute Strategis Ini

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan Presiden Jokowi melihat ada dampak negatif jika masyarakat tidak lengkap vaksin, terutama bagi orang tua. Padahal mereka yang menjadi sasaran anak-anaknya melakukan mudik.

Baca Juga: Pengin Mudik Lebaran? Presiden: Vaksinasi Booster Dulu Ya

“Oleh karena itu, beliau menyarankan kalau mau mudik itu sebaiknya di-booster supaya memperkecil risiko orang yang dikunjungi. Nanti malah terkena. Kalau yang booster-nya lengkap itu tidak usah tes,” kata Budi Gunadi, Rabu (23/3/2022).

Budi menjelaskan apabila mereka belum booster, tes antigen menjadi kewajiban para pemudik. kebijakan itu untuk memudahkan perjalanan mudik. Dengan begitu, publik bisa pulang kampung meski belum mendapatkan vaksin booster.

Baca Juga: Booster Jadi Syarat Mudik Lebaran? Ini Kata Kemenkes dan Epidemiolog

Menkes Budi menambahkan vaksinasi gratis akan tersedia di fasilitas-fasilitas angkutan umum dan beberapa pos mudik. Tujuannya pelaksanaan vaksin bisa dilakukan segera.

“Tapi kalau dia baru satu kali vaksinasi, dia harus tesnya PCR. Tapi tetap nanti akan ada tempat-tempat khusus baik di angkutan umum maupun beberapa pos. Kalau mau naik angkutan pribadi bisa juga disuntik keduanya lengkapnya di sana,” terangnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya