SOLOPOS.COM - Pelatih Timnas U-16 Indonesia, Bima Sakti (kiri), dan kapten skuadnya Muhammad Iqbal Gwijangge, membentangkan jersey almarhum Alfin Lestaluhu eusai laga pamungkas Grup A Piala AFF U-16 2022 kontra Vietnam di Stadion Maguwoharjo, Sleman, DIY, Sabtu (6/8/2022). Indonesi memenangi pertandingan itu dengan skor 2-1 dan lolos ke semifinal. (Antara/Michael Siahaan)

Solopos.com, SLEMAN – Timnas U-16 Indonesia memastikan lolos ke babak semifinal Piala AFF U-16 2022 setelah menyapu bersih tiga laga mereka di Grup A dengan kemenangan. Pelatih Tim Nasional (Timnas) U-16 Bima Sakti mengatakan bahwa jersey mendiang Alfin Lestaluhu menjadi motivasi skuadnya saat berlaga dalam Piala AFF U-16.

Seragam Alfin bernomor punggung 2 itu kerap dibawa skuad Garuda Asia dalam pertandingan-pertandingan di turnamen tersebut, termasuk ketika menghadapi Vietnam pada laga pamungkas Grup A, Sabtu (6/8/2022) malam WIB.

Promosi Ongen Saknosiwi dan Tibo Monabesa, Dua Emas yang Telat Berkilau

“‘Jersey ini adalah simbol pemain yang memiliki semangat juang tinggi. Pemain yang bekerja keras luar biasa baik dalam latihan maupun pertandingan. Ini menjadi motivasi bagi pemain-pemain saat ini,” kata Bima Sakti susai pertandingan versus Vietnam di Stadion Maguwoharjo, Sleman.

Ekspedisi Mudik 2024

Indonesia menundukkan Vietnam 2-1, meski sempat tertinggal satu gol sehingga Garuda Asia melenggang ke semifinal turnamen ini sebagai juara Grup A. Bima pun ingin para pemainnya memiliki sikap seperti Alfin yang tak pernah menyerah dan selalu berani mengambil risiko demi kepentingan tim.

Baca Juga: Kalah dari Indonesia, Pelatih Vietnam Kritik Keputusan Wasit Thailand

Pelatih berusia 46 tahun itu mengingat saat Alfin menjadi pemain pertama yang meminta menjadi eksekutor adu penalti melawan Vietnam pada perebutan tempat ketiga Piala AFF U-15 edisi 2019 di Chonburi, Thailand.

“Dia bilang kepada saya, ‘Coach saya mau mengambil tendangan penalti pertama’. Saya langsung berpikir anak ini luar biasa. Sayangnya, tendangan Alfin tidak gol. Dia pun mendatangi saya lagi, ‘Coach, saya minta maaf’. Saya bilang, ‘Tidak, kamu hebat’. Pada akhirnya kami memenangi adu penalti itu,” kenang Bima.

Baca Juga: Lolos ke Semifinal Piala AFF U-16, Timnas Langsung Diguyur Rp100 Juta

Alfin Farhan Lestaluhu adalah bek kanan timnas U-16 Indonesia pada 2019 yang saat itu juga oleh Bima Sakti. Pesepak bola asal Tulehu di Maluku itu turut membawa Indonesia mencapai peringkat ketiga Piala AFF U-15 2019 dan lolos Piala Asia U-17 2020 dengan menjadi peringkat kedua Grup G fase kualifikasi.

Usia Alfin tidak panjang karena meninggal dunia di Jakarta pada 31 Oktober 2019 disebabkan sakit enchepalitis yang menyerang otak. Dia sempat dirawat di Ambon sebelum diterbangkan ke Jakarta untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut hingga mengembuskan napas terakhirnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya