Tutup
Scroll untuk melanjutkan membaca

Jerman Tolak Paspor Indonesia, Ini Masalahnya

Kedutaan Jerman menolak memberikan visa karena paspor Indonesia tidak memenuhi syarat ketentuan internasional.
SHARE
Jerman Tolak Paspor Indonesia, Ini Masalahnya
SOLOPOS.COM - Ilustrasi paspor Indonesia

Solopos.com, JAKARTA–Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Ditjen Imigrasi Kemenkumham) menyatakan perihal keluhan masyarakat yang paspornya ditolak Kedutaan Jerman, karena desain terbaru paspor RI tidak memuat kolom tanda tangan.

“Ditjen Imigrasi menyampaikan permohonan maaf atas permasalahan ini yang berdampak secara langsung kepada masyarakat yang sedang mengajukan visa Jerman atau visanya sudah terbit, tapi tidak bisa berangkat ke Jerman,” bunyi keterangan resmi di website resmi Ditjen Imigrasi, dikutip Jumat (12/8/2022).

PromosiDaihatsu Rocky, Mobil Harga Rp200 Jutaan Jadi Cuma Rp99.000

Ditjen Imigrasi mengungkapkan bahwa pihaknya kini tengah berkomunikasi dengan Kementerian Luar Negeri untuk membahas permasalahan tersebut dengan Kedutaan Jerman di Jakarta.

“Ditjen Imigrasi juga akan menyampaikan hasil keputusan maupun solusi atas permasalahan tersebut kepada masyarakat dalam waktu secepatnya,” imbuh keterangan tersebut.

Baca Juga: PON Pertama di Solo Gegara Paspor Indonesia Ditolak Inggris

Ditjen Imigrasi mengungkapkan bahwa desain paspor RI yang terbaru merujuk Keputusan Menteri Hukum dan HAM R.I Nomor M.HH-01.GR.01.03.01 Tahun 2019 tentang Spesifikasi Teknis Pengamanan Khusus Paspor Biasa dan Surat Perjalanan Laksana Paspor.

“Perbedaan dengan desain paspor RI yang lama di antaranya yaitu tidak adanya kolom tanda tangan pemegang paspor,” jelas Ditjen Imigrasi.

Warganet mengeluhkan bahwa paspornya ditolak oleh Kedutaan Jerman. Salah satunya datang dari pengguna Twitter @gesgandenglah yang melaporkan masalah tersebut ke akun Ditjen Imigrasi pada 11 Agustus 2022.

“Hallo, @ditjen_imigrasi, saya mau tanya dong, kenapa bisa ya imigrasi mengeluarkan paspor yang tidak bisa valid di Kedutaan Jerman? Mereka bilang kalau paspor Indonesia tidak sesuai dengan aturan internasional. Kami ditolak dengan alasan tidak ada kolom tanda tangan di bagian lembar terakhir,” cuit warganet tersebut di Twitter.

Berita telah tayang di Bisnis.com berjudul Jerman Tolak Paspor Indonesia, Ini Penjelasan Ditjen Imigrasi

 



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
      Promo & Events
      Berita Terkini
      Indeks Berita
      Part of Solopos.com
      Punya akun? Silahkan login
      Daftar sekarang...
      Support - FaQ
      Privacy Policy
      Tentang Kami
      Kontak Kami
      Night Mode