SOLOPOS.COM - ilustrasi (google img)

ilustrasi (google img)

TOKYO--Jepang di masa depan bisa terancam gelombang tsunami raksasa dengan ketinggian hingga 34 meter. Revisi perkiraan potensi bencana itu diungkapkan sebuah panel pemerintah dan para ahli, Minggu (1/4/2012), menyusul serangkaian gempa yang mengguncang Jepang.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Disebutkan, sebuah gempa berkekuatan 9 SR di Palung Nankai yang berada di antara pulau utama Jepang, Honshu dan Kyushu, bisa menciptakan gelombang tsunami hingga setinggi 34 meter. Perkiraan sebelumnya pada 2003, potensi maksimal tsunami kurang dari 20 meter.

Bencana gempa dan tsunami tahun lalu, disusul krisis buklir di reaktor Daichi Fukushima, mendorong pembahasan ulang perkiraan potensi bencana di Jepang guna membangun kesiapsiagaan bencana. Sebelumnya, Departemen Pendidikan Jepang melaporkan, sebuah gempa berkekuatan setidaknya 7 SR di Tokyo Bay, bisa mengguncang daerah metropolitan Tokyo-Yokohama yang dihuni lebih dari 33 juta orang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya